193 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

UIN Sunan Kalijaga (9/9/12). Menindak lanjuti gagalnya Sosialisasi UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa) yang seharusnya dilaksanakan saat berlangsungnya OPAK bagi mahasiswa baru ( maba) 5 September lalu, maka sebagai penggantinya maba diwajibkan mengikuti Sosialisasi UKM pada Minggu (9/9). Sosialisasi UKM ini bertempat di Gedung Tennis Indoor  UIN Sunan Kalijaga. Sosialisasi UKM ini dimulai pukul 08.00 WIB.

Acara Sosialisasi UKM ini dibuka dengan grup Rebana dari UKM Al-Mizan, pembacaan kalam Illahi dan Lagu Indonesia Raya. Pukul 08.10 WIB UKM Teater Eska memukau maba dan hadirin dengan aksi musikalisasi puisi. Selanjutnya penampilan UKM Kordiska yang membawa anak didiknya dan menghibur maba yang hadir. Serta diteruskan dengan UKM SPBA, Al-Jami’ah, JCM, PSM Gita Savana dan ARENA. Acara ini dilanjutkan dengan sosialisasi UKM Out door seperti Karate, Taek Kwon Do ,Cepedi (pencak Silat), Mapalaska (Pencinta Alam), olah raga, Menwa (Resimen Mahasiswa), KSR PMI dan Pramuka.

Sosialisasi UKM ini diwajibkan bagi setiap maba berdasarkan hasil audiensi seluruh UKM di UIN Sunan Kalijaga dengan Pembantu Rektor (PR) III bagian Kemahasiswaan dan seluruh jajaran rektorat pada Jum’at (7/9).  Audiensi yang diawali dengan sebuah aksi long march dari Student Center (SC) hingga gedung Pusat Administrasi Umum (PAU) ini adalah bentuk kekecewaan seluruh UKM yang gagal melakukan sosialisasi saat ricuh dan digiringnya maba kembali ke fakultas oleh Panitia OPAK 2012 dengan alasan yang tidak diketahui.

Meskipun kegiatan Sosialisasi UKM ini diwajibkan bagi seluruh maba yang berjumlah 3608 orang sewaktu berlangsungnya OPAK, hingga pukul 09.30  hanya sekitar 100 maba yang hadir setiap fakultas. Bahkan ironisnya fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Ishum) hanya sekitar 40 maba yang hadir di Tennis Indoor.  Karena hari Minggu  tidak semua jajaran Pembantu Rektor  terlihat batang hidungnya menghadiri acara, hanya pegawai kemahasiswaan  dan Kabiro AAK (Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) yang memberikan sambutan.(Ayu Uzada)