226 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Batas pendaftaran partai peserta pemilwa seyogyanya telah berakhir tanggal 23 April 2013 lalu. Tapi saat itu hanya ada satu partai yang mendaftar, yakni Partai Rakyat Merdeka(PRM). Hingga pada akhirnya, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa(KPUM) memutuskan untuk menjadwalkan ulang pelaksanaan pemilwa.

Pada penjadwalan ulang tersebut, KPUM menetapkan tanggal 10 Mei 2013 sebagai batas akhir pendaftaran partai peserta pemilwa(hari ini red). Namun hingga pukul 13.30 WIB, hal yang sama kembali terulang, dimana hanya satu partai yang mendaftar sebagai peserta pemilwa, yakni PRM.

Menanggapi kondisi ini, Nawawi S Imam selaku ketua KPUM mengatakan bahwa pihak KPUM tidak bisa berbuat banyak mengingat kewajibanya sebatas memfasilitasi. “Ya itu hak partai untuk daftar atau tidak, kami sudah mensosialisasikan perubahan jadwal. Ya tugas kami hanya memfasilitasi saja”ungkapnya

Ketika ditanya solusi jika kondisi tidak berubah, Imam mengaku sudah merencanakan rapat koordinasi dengan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. “Kita tidak bisa memutuskan, nanti jam 2 kita melakukan koordinasi dengan bu sekar bahwa kondisinya seperti ini”ujarnya sambil merokok.

Sementara itu, Nur Aris Soim, selaku Dewan Pengurus Pusat (DPP) partai Pencerahan mengamini jika partainya dan beberapa partai yang tergabung dalam Aliansi Partai Mahasiswa Untuk Perubahan (APMP)  belum mendaftarkan diri. Hal tersebut dilakukan atas dasar kesepakatan yang dilakukan APMP untuk tidak mendaftar sebelum tuntutan mereka terpenuhi. “Mereka belum mengabulkan permintaan kami terkait SK KPUM (SK Rektor No. 52 Tahun 2013, red) “ujarnya.(Folly Akbar)

 

Editor : Folly Akbar