311 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Suasana perayaan ultah MENWA ke-47 berlangsung khidmat.

Setiap organisasi mempunyai nilai suka-duka dan plus-minusnya masing-masing. Tinggal bagaimana kita mensiasati dan mengelola organisasi yang kita geluti menuju prestasi yang lebih baik dan menuju perubahan yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kholid Zulfa dalam peringatan Hari Ulang Tahun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) 03 ke-47, di Aula Student Center UIN Suka, Minggu (26/05), kemarin malam.

Menurutnya, suatu organisasi dapat dikatakan berhasil jika mampu memberikan manfaatkan terhadap masyarakat. Kalau organisasi masih berkutat di dalam intern organisasi sendiri berarti belum bisa dikatakan berhasil. “Oleh, karena itu manfaatkan organisasi (UKM) dengan sebaik-baiknya,” Pesan Pembina UKM Menwa dengan lugas.

“Dalam memanfaatkan organisasi terdapat peluang sekaligus tantangan. Artinya, ada dana sebagai peluang untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi diri. Sementara tantangannya adalah bagaimana membuat program-program organisasi yang baru, bagus dan berdampak kemasyarakat,” tuturnya.

Dia juga mengomentari terkait dengan budaya kuliah cepat yang berdampak pada keengganan mahasiswa berorganisasi. Sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi hari ini. “Tolong aktif berorganisasi. Isnyaallah akan dapat banyak manfaatnya,” ajaknya.

Alumni Menwa 03, Hasan Basri mengatakan berorganisasi adalah medium melatih kemampuan berkomunikasi dan kerjasama ketika berkumpul dan bermasyarakat. “Orang yang dulunya pernah berorganisasi, nantinya ia akan mudah menyatu dengan masyarakat. Sebaliknya, kalau ia tidak pernah berorganisasi maka nantinya akan canggung dan kaku dalam bermasyarakat,” ungkapnya. [Taufiqurrahman]

Editor : Folly Akbar