399 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Pencak silat merupakan budaya asli Indonesia. Acara Pencak Festival perlu diperbanyak.


Pencak silat perlu dipertahankan dan dilestarikan supaya masyarakat tau apa itu arti silat.

lpmarena.com, Mnggu  (2/6), Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSSI) menyelenggarakan “Pencak Festival”. Festival ini diselenggarakan untuk menunjukkan keapada masyarakat bahwa pencak silat merupakan seni bela diri yang harus dilestarikan sebagai budaya asli Indonesia.

Acara yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Malioboro ini diikuti oleh 5 ribu peserta dari dalam dan luar negeri. Peserta festival mulai berparade dari Parkiran Abu Bakar menuju Monument Serangan Oemoem 1 Maret.  Acara yang berlangsung dari  pukul 12.45 WIB ini dibuka oleh Wakil Gubernur DIY, Pakualam IV.

Dalam perjalanan menuju Monument Oemoem 1 Maret, para peserta melakukan atraksi-atraksi. Acara ini tidak hanya diikuti oleh perguruan pencak silat saja, ada juga perguruan taekwondo yang ikut memeriahkan pencak festival ini.

Sampai digaris finish setiap perguruan pencak silat menyuguhkan performanya. Panitia memberikan waktu dua menit bagi setiap perguruan untuk unjuk kebolehan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono.

Meski hujan sempat mengguyur,  agenda kegiatan tahunan ini tetap berjalan dengan lancar. Namun banyak peserta yang terlantar saat menunggu giliran untuk menampilkan kebolehan mereka.(Lilik Sulistyowati)

Editor : Folly Akbar