163 Pembaca

Kita punya waktu  sama 24 jam, yang berbeda adalah cara kita memanfaatkannya.

lpmarena.com, Sepenggal kalimat itu diucapkan Kartono,  Kolumnis sekaligus guru yang menjadi narasumber  pada acara “Pelatihan Penulisan di Media Massa” di Balai Bahasa Provinsi Yogyakarta, Minggu (24/11).

Di depan ratusan peserta yang berasal dari guru, siswa dan mahasiswa, ia mengatakan waktu bukanlah alasan bagi seseorang untuk tidak bisa menulis, karena pada hakikatnya setiap orang memiliki kapasitas waktu yang sama (24 jam).

“Jika ada seseorang yang bisa, maka yang lainnya pun bisa,” kata Kartono.

Kartno juga mengatakan, untuk menjadi seorang jurnalis kita harus bisa memfokuskan kemana konsentrasi penulisan  kita, agar terbentuk ciri dan karakteristik dari tulisan yang  kita buat. Dalam penjelasannya ia mencontohkan dirinya sebagai seorang  penulis yang berbasic guru, sehingga dalam setiap tulisan yang ia buat memiliki ciri tersendiri yakni mengambil tema-tema yang berkaitan dengan pendidikan.

“Apakah kita cenderung sebagai penulis yang mengamati bidang sosial, pendidikan atau politik, karena ketika menjadi pengamat sekaligus penulis tidak lantas segala hal yang kita tahu kemudian kita amati dan kita tuliskan. Hal tersebut akan menghilangkan karakteristik penulisan dan identitas  pengamat itu sendiri,” kata kartono.

Di akhir penjelasannya kartono menegaskan bahwa semua orang bias menulis asalkan memiliki keinginan.

“Tidak ada yang tidak bisa menulis, yang ada hanya orang yang padam hasratnya untuk menulis,” kata Kartono. (Mutiara Nur)

Editor : Folly Akbar