205 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

lpmarena.com, Seminar nasional dengan tema “Aktivitas Pekerja Sosial dalam Pelestarian Lingkungan untuk Kesejahteraan Sosial” diadakan di Teatrikal Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jum’at (6/12). Seminar tersebut diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS).

Menurut Iswanto, pemateri sekaligus dosen Poltekkes (Politeknis Kesehatan) Kemenkes Yogyakarta, mengatakan bahwa “Untuk menyebarkan metode ini hingga ke kancah internasional, yang pertama adalah kita harus membangun kepercayaan dari diri kita sendiri, terlebih ada internet sebagai alat penyebar metode pelestarian lingkungan ini,” ungkapnya.

Adanya penyelenggaraan seminar ini, untuk menunjukkan wujud keberfungsian para pekerja sosial. Oleh karenanya, pekerja sosial tidak hanya menyelesaikan suatu perkara atau konflik mental sosial yang terjadi dalam masyarakat saja, melainkan pekerja sosial juga memiliki peran dalam pelestarian lingkungan dengan menjalankan keberfungsian SDM (Sumber daya manusia) masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Nuria Athifa, peserta seminar mengatakan “Ini sangatlah menginspiratif, yang juga merupakan pembuktian pekerja sosial juga peduli terhadap pelestarian lingkungan, dan ini memang sangatlah bermanfaat bagi masyarakat,” tutur mahasiwa IKS tersebut.

Acara ini diharapkan menjadi suatu tonggak acuan bagi seluruh masyarakat dengan mengubah pola hidup masyarakat yang sebagian besar tidak peduli terhadap pelestarian lingkungan. Untuk itu yang terpenting adalah “ kita bisa mengubah orang lain, jika kita mampu mengubah diri kita terlebih dahulu,” Tutur ibu Noorkamilah salah satu Dosen dari jurusan IKS, sebagai kata penutup dalam acara tersebut. (Chaerizanisazi)

 

Editor : Ulfatul F.