234 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Berbagai bencana tengah menerjang Indonesia, peran mahasiswa sangatlah diperlukan.

lpmarena.com, Sejumlah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bergerak mendirikan posko bantuan menyusul maraknya bencana yang menimpa berbagai wilayah di Indonesia. Mereka melakukan aksi berupa penggalangan dana di sekitar wilayah kampus  UIN dalam beberapa hari terakhir.

Salah satu posko yang didirikan mahasiswa UIN adalah PGRPB (Posko Gabungan Rakyat Peduli Bencana). Salah seorang panitia, Fefe yang juga mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam mengatakan, jika aksi yang digalang merupakan wujud kepedulian  terhadap korban bencana. “ Ini adalah sikap spontanitas dari kami, aksi yang berupa penggalangan dana  ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap korban bencana, mendengar begitu banyak korban yang masih memerlukan beberapa alat peralatan mandi dan obat-obatan,” tuturnya.

Dalam menggalang dana, PGRPB tidak hanya turun ke jalan, mereka juga melakukan cara lain seperti ngamen, hingga metode door to door. “Kami tidak hanya menyuarakan aksi di sekitaran kampus UIN saja, tetapi kami juga memiliki teknik tertentu, di antaranya menggunakan sistem door to door  yaitu secara langsung datang ke rumah masyarakat, dan ngamen di beberapa warung-warung kota,” kata Husein selaku Ketua Panitia dari PGRPB UIN Sunan Kalijaga.

Sekelompok mahasiswa dari jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Suka juga melakukan hal yang sama. Rizal, sekretaris panitia penggalangan dana mahasiswa IKS mengatakan bahwa aksinya berawal dari diskusi kelompok. “Bermula dari diskusi sederhana ini, kami dari jurusan IKS menggalang dana melalui posko yang telah kami dirikan di area kampus, berawal dari modal nekat kami langsung meminta surat izin kepada kepala jurusan untuk melegalkan aksi kami,” ujarnya.

“Selain itu juga kami memiliki materi kuliah tentang tanggap bencana,mungkin ini dapat menjadi sedikit pelatihan untuk kami” tambah Rizal.

Dana yang mereka himpun rencananya akan disalurkan melalui beberapa instansi seperti Palang Merah Indonesia (PMI) dan Lembaga Swadaya Masyarakat.(Chaerizanisazi)

 

Editor : Folly Akbar