320 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email
Momen wisuda kerap dimanfaatkan mahasiswa untuk berjualan.

Momen wisuda kerap dimanfaatkan mahasiswa untuk berjualan.

lpmarena.com, Prosesi wisuda periode II tahun pelajaran 2013/2014 UIN Sunan Kalijaga (05/03) banyak dimanfaatkan berbagai kalangan untuk pedagang. Bukan hanya dari luar (masyarakat), banyak juga pedagang yang berasal dari kalangan mahasiswa.

Rahma misalnya, mahasiswa Manajemen Dakwah (MD) semester VII ini berjualan Es Teh bersama temannya. Ia mengaku tertarik berjualan untuk menambah pengalaman dan merealisasikan mata kuliah entrepreneur yang ia terima. “Cari pengalaman, kan ada mata kuliah entrepreneur”, tuturnya.

Selain itu, ada juga yang memafaatkan momen wisuda untuk mengumpulkan dana guna menunjang kegiatan akademiknya. “Anak SI semester IV dan VI mendapat tugas untuk membuat pentas drama. Kami berdagang untuk mencari tambahan dana pentas drama tersebut”, tutur Fauziyah, mahasiswa Sastra Inggris semester IV yang berjualan bunga.

Kampus Kurang Memfasilitasi

Keberadaan pedagang mahasiswa ini sejalan dengan program entrepreneur yang dicanangkan pihak kampus. Sayangnya pihak kampus kurang menfasilitasi dalam momen-momen yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk berjualan, seperti momen wisuda.

Egi, mahasiswa Keuangan Islam (KUI) semester IV yang berjualan bunga mengeluhkan hal ini. “Seharusnya pihak kampus menfasilitasi, mahasiswa (yang berjualan pada acara wisuda, red.) dikasih tempat,” ujarnya. (Usman Hadi)

 

Editor : Folly Akbar