348 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email
Rohinah ketika menjelaskan penelitian pendidikan pada peserts pelatihan, (1/11)

Rohinah ketika menjelaskan penelitian pendidikan pada peserts pelatihan, (1/11)

Menggiatkan semangat ilmiah mahasiswa khususnya di bidang penelitian pendidikan”

Lpmarena.com, DPP Bakat, Minat dan Keterampilan (DPP Bakmi) fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga mengadakan pelatihan penelitian pendidikan, Sabtu (1/11). Bertempat di Teatrikal FITK acara ini diikuti 50 peserta dari berbagai jurusan.

“Acara pelatihan penelitian ini diselenggarakan karena fakultas tarbiyah dengan segala jurusannya yang notebene pendidikan sangat erat hubungannya dengan penelitian” tutur Ranti Safi’ah, Ketua panitia acara itu.

Beberapa materi penelitian mulai dari metodologi penelitian sampai materi tracer study disampaikan secara runtut oleh Rohinah dan Imam Machali sebagai narasumber. Metodologi penelitian menjadi penunjang dalam tracer study, yaitu pelacakan jejak alumni yang biasanya dilakukan 2 tahun setelah lulus. Tracer study merupakan tanggung jawab institusi guna membantu jurusan dalam mengevaluasi jurusan yang terkait.

“Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu menentukan jenis penelitian yang akan dilakukan dan pola penelitian,” ujar Rohinah. Dalam metodologi penelitian dikenal pula penelitian berdasarkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif didasarkan pada kualitas yang diskor ke dalam angka, sedangkan penelitian kualitatif merupakan asumsi yang belum sesuai kebenaran sehingga diperlukan data-data ilmiah. Selanjutnya ia menjelaskan kajian penelitian yang meliputi pendidikan teoritis, pendidikan praktis, kurikulum dan pembelajaran serta bimbingan dan konseling.

Sementara Imam Machali berujar penelitian erat kaitannya dengan pengetahuan, ilmu dan ilmiah. Menurutnya, penelitian sendiri memiliki makna mencari masalah dan solusi dari masalah tersebut. Ia juga mengatakan cara yang sering digunakan untuk memperoleh jawaban dari masalah yaitu melalui wawancara dan observasi. Tracer study ini diwajibkan bagi universitas-universitas di Indonesia untuk perbaikan output mahasiswa nantinya.

Pelatihan penelitian yang diadakan setiap satu tahun sekali ini diharapakan mampu membangun antusiasme mahasiswa fakultas tarbiyah dalam melakukan penelitian. Dari kegiatan ini mencari 3 mahasiswa terbaik untuk dibimbing oleh dosen professional yang tergabung dalam “Penelitian Kompetitif Mahasiswa” melalui seleksi dengan beberapa persyaratan.

Pelatihan yang dimulai pukul 7.00 ini difokuskan pada mahasiswa semester 5 ke atas fakultas tarbiyah yang telah memiliki dasar metodologi penelitian dalam mata kuliah mereka. Namun mahasiswa FITK semester 5 ke bawah ataupun mahasiswa dari fakultas lain diperbolehkan mengikuti kegiatan ini. ( Lailatus Sa’adah)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah