334 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email
Sanggar Nuun dalam Festival Bahasa dan Budaya UKM SPBA, Minggu (19/4).

Sanggar Nuun dalam Festival Bahasa dan Budaya UKM SPBA, Minggu (19/4).

Lpmarena.com, Minggu (19/4) malam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Studi dan Pengembangan Bahasa Asing (SPBA) UIN Sunan Kalijaga merayakan malam puncak Festival Bahasa dan Budaya (FBB). “With language we connect with culture we grow” menjadi tema kedua FBB yang diadakan di Panggung Demokrasi.

Bahasa tidak lepas dari budaya, SPBA mencoba meningkatkan peran bahasa dan budaya tersebut dalam tali silaturahmi FBB. “Mempererat tali silaturahmi, keluarga besar, dan menambah kreativitas dan link,” ucap Nur Fauziah Hasibuan, ketua UKM SPBA. Hal tersebut diamini Fatimah Zahro Mudmainah selaku ketua panitia FBB. Dengan bahasa kita berkomunikasi ataupun bersilaturahmi dan dengan budaya kita tumbuh.

“Mampu lebih mengembangkan bahasa di kalangan peserta, mahasiswa, dan juga kita tumbuh dengan budaya. Diharapkan mampu tetap menjaga kebudayaan lokal khususnya,” ungkap Fatimah mahasiswi yang juga duduk di jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Berbagai perlombaan juga telah digelar, antara lain lomba desain grafis se-UIN Suka, lomba menyanyi bahasa Prancis se-Jogja, lomba drama bahasa Arab dan baca puisi bahasa Arab se-Jawa, dan lomba debat bahasa Inggris se-Indonesia.

Beberapa UKM pengisi acara antara lain, yaitu Sanggar Nuun, Adab Dance Community (ADC), dan pemenang perlombaan drama bahasa Arab. Sanggar Nuun adalah salah satu pengisi acara dalam pentas malam ini. “Bahasa tanpa budaya tak ada apa-apanya,” oceh Ilham sebagai pengantar penampilan Sanggar Nuun.

Setelah ditemui oleh ARENA hubungannya Sanggar Nuun, ADC tak lepas dari seni. “Kami berharap dengan acara ini kami dapat melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Selain itu diharapkan dengan ini dapat melestarikan budaya,” harap mahasiswa semester VI ini. (Anis dan Isma)

Editor: Isma Swastiningrum