224 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com, Untuk pertama kalinya Festival Jajanan Bango (FJB) diadakan di Yogyakarta. FJB merupakan festival kuliner persembahan PT Unilever Indonesia yang menghadiran berbagai warisan kuliner nusantara. Bertempat di stadion Mandala Krida, Minggu (17/5) FJB 2015 mengambil tema “Persembahan Kuliner dari barat ke Timur Nusantara” dengan menghadirkan 56 legenda kuliner khas Indonesia.

“Tahun ini, Bango memiliki misi besar untuk mendorong kecintaan dan kebanggaan masyarakat luas terhadap ragam kekayaan warisan kuliner nusantara,” tutur Nuning Wahyuningsih, senior brand manager Bango dalam siaran persnya.

Meski masakan yang dihadirkan beragam, ada kisah menarik yang diceritakan oleh seorang guru dari SD Kebun Gunung Purworejo yang bernama Sarno. Ia datang jauh dari kotanya untuk melihat secara langsug acara ini. Ia juga bercerita bahwa dua jajanan kuliner khas Purworejo, yaitu Kue Clorot dan Kue Lompong didaftarkan dalam festival ini, tetapi belum lolos.

“Kue Clorot dari beras ketan, gula Jawa, yang dibungkus janur. Kalau Kue Lompong sama kayak Kue Clorot tapi isinya kacang ijo dan dibungkus daun pisang,” celotehnya. Tak hanya itu, ia juga bercerita tentang kuliner lain asal daerahnya semisal Dawet Ireng.

Resti seorang penggiat kuliner lain dari Bandung juga mengaku penasaran mengunjungi festival ini. “Kulinernya beragam. Indonesia punya banyak rempah yang bisa untuk dimanfaatkan,” ucapnya. (Isma Swastiningrum)