291 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email
Salah satu tarian yang tampil dalam Gelar Gudaya Kalijaga.

Salah satu tarian yang tampil dalam Gelar Gudaya Kalijaga.

Lpmarena.com, Gelar Budaya Kalijaga yang diselenggarakan oleh Crayon Event Organizer berjalan meriah, Sabtu (23/5). Acara yang bertempat di panggung demokrasi UIN Sunan Kalijaga membawa tema Harmoni dalam Keberagaman. Menampilkan berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia antara lain ada tarian Aceh, tarian Jogja, dan tarian Papua.

Ditemui di sela-sela acara, ketua panitia Gelar Budaya Kalijaga, Fajri Alfian M menjelaskan bahwa di era globalisasi kebudayaan sangat penting. “Kebudayaan Indonesia menjadi salah satu hal krusial saat ini. Sehingga kita dituntut untuk melestarikan dan memberdayakan, khusunya tarian-tarian daerah,” ujarnya.

Fajri juga mengungkapkan tujuan dari acara ini adalah untuk melestarikan, memberdayakan kebudayaan Indonesia yang dipersentasikan oleh berbagai tarian dari masing-masing wilayah di Indonesia. Fajri berharap gelar budaya ini mampu meningkatkan kesadaran akan kebudayaan. “Semoga dengan adanya event ini masyarakat dan mahasiswa mengetahui dan mempunyai keinginan untuk melestarikan kembali kebudayaan Indonesia” katanya.

Selain pertunjukan tari, para penonton disuguhkan berbagai macam hadiah sekaligus terdapat beberapa stand bazaar yang menjual berbagai macam barang. (Harya Rifky Pratama)

Editor: Isma Swastiningrum