129 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Menjawab masalah tenaga pendidikan di Indonesia, program Indonesia Mengajar hadirkan para guru bagi daerah-daerah pelosok Indonesia.

Lpmarena.com, Indonesia Mengajar (disingkat IM), merupakan program pendidikan yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Anies Baswedan. Sabtu (14/11), Indonesia Mengajar goes to UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta datang ke Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan (FITK) UIN Suka mensosialisasikan mengenai IM. Acara dilaksanakan di ruang kuliah 105-106 FITK UIN Suka.

Sosialisasi ini menghadirkan pengajar muda IM angkatan VII dan VIII, yakni Ajeng dan Catur (yang pernah mengajar di Bima, NTB), Bagas dan Ais (yang pernah mengajar di pelosok Banjarmasin), Mimi (yang pernah bertugas di Rote Tengah, NTT), dan Nurul Ikhsan Saleh (yang pernah mengajar di Majene, Sulawesi Barat dan daerah Lampung).

Dalam kesempatan sosialisasi IM ini diwakili oleh Nurul Ihsan Saleh, pria asal Sumenep yang telah dua kali mengikuti IM. Ia menjelaskan IM lahir karena ingin mengisi kekosongan guru di daerah pelosok Indonesia. Mengirimkan guru selama satu tahun sebagai penggerak para siswa SD dan masyarakat.

“Tak hanya guru, tapi juga inspirator. Siap sedia 24 jam. Anak desa sering ke rumah kami dan tidur di rumah kami,” katanya meceritakan pengalaman mengajarnya.

Di daerah pelosok sendiri masalah pendidikan tak hanya soal sarana prasarana, tetapi yang paling penting adalah Sumber Daya Manusia, khususnya guru. “Untuk memajukan pendidikan tidak hanya soal membangun sekolah baru, tetapi juga menghadirkan guru-guru terbaik,” tutur Nurul.

IM sendiri memiliki tiga misi yaitu: menciptakan dampak berkelanjutan, membangun jejaring pemimpin muda, dan mendorong tumbuhnya gerakan sosial pendidikan di Indonesia. “Menciptakan pemimpin yang grassroots understanding,” tambah Nurul.

Lebih lanjut Nurul menjelaskan untuk bisa bergabung dengan IM ada beberapa tahap yang harus dilalui, yakni: Tahap I, Tahap II, Tahap III, training intensif, penugasan, dan orientasi pasca penugasan. Di akhir tahun 2015 sekarang sudah dibuka open recruitment bagi lulusan S1 yang ingin menjadi pengajar muda IM angkatan XII. Selengkapnya bisa diakses di www.indonesiamengajar.org.

Reporter dan Redaktur: Isma Swastiningrum