145 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com, Salah satu rangkaian acara Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) UIN Sunan Kalijaga adalah pengenalan mahasiswa baru pada 17 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). OPAK tahun ini akan dilaksanakan pada 18-20 Agustus 2016. Sosialisasi 17 UKM sendiri dijadwalkan pada hari pertama OPAK, yakni 18 Agustus dan bertempat di gedung Multi Purpose (MP).

Konsep sosialisai UKM tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun lalu, sebab akan dilaksanakan secara terpadu di MP. Jika tahun lalu sosialisasi dibagi dua, indoor dan outdoor, Muhammad Abdul Rouf, ketua Forkom UKM memastikan tahun ini tidak ada sosialiai UKM outdoor. Hal ini dikarenakan tempat yang biasanya digunakan untuk sosialisasi outdoor, yaitu areal Panggung Demokrasi, sudah dibangun gedung baru, sehingga tak lagi bisa digunakan. “Iya, tempatnya besok di MP semua,” ungkap Rouf, Rabu (03/08).

Nur Yahya, Koordinator penampilan UKM Cepedi saat ditemui ARENA pada  Rabu (10/08), berpendapat sosialisasi dalam MP lebih efektif karena mahasiswa baru bisa fokus pada satu panggung dan mahasiswa baru pun tidak lagi dibagi menjadi dua bagian seperti tahun lalu.  Ketika ditanya soal persiapan, Nur Yahya menyatakan jika Cepedi secara rutin berlatih siang hingga sore untuk menampilkan berbagai formasi gerakan dalam sosialisasi di hari pertama OPAK. “Sekarang sih lebih ke latihan buat penampilannya, kayak semacam jurus terus gerakan-gerakan itu terus nanti formasi masuk,”  katanya.

Sementara UKM JQH Al-Mizan mulai memperisiapkan diri dengan latihan rutin. Al-Mizan ingin tampil dengan membawa identitas sebagai UKM seni religi yang berbeda dengan seni religi pada umumnya. Ada lima divisi yang akan berkolaborasi dalam satu penampilan sekitar 15 menit. “Tidak hanya terpaku pada MTQ dan sebagainya,” kata Nuzul Fajar Pamungkas, ketua dua UKM JQH Al-Mizan.

Pihaknya menyanyangkan waktu yang diberikan sangat sedikit sehingga kesulitan membuat konsep satu penampilan yang dapat menagakomodir semua divisi. “Kendala timer sih mbak, kurang lama,” lanjutnya.

Masing-masing UKM memang harus membuat konsep untuk sosialisasi UKM dan diserahkan kepada panitia sosialisasi yang dibentuk oleh Forkom UKM. Sementara itu, panitia sosialisai sedang membangun koordinasi dengan panitia OPAK dan mempersiapkan konsumsi serta keamanan pada saat sosialisasi UKM berlangsung.

Reporter: Nurul Ilmi

Redaktur: Lugas Subarkah