260 Pembaca

Lpmarena.com, Acara Kalijaga Creative Festifal (KCF) sudah berlangsung dengan rutin sejak tahun 2011. Pada Rabu, 07 Desember 2016 pukul 11:02 WIB, tepatnya di halaman Poliklinik UIN Sunan Kalijaga acara pembukaan KCF digelar. Acara ini dihadiri puluhan mahasiswa, khususnya yang bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berjumlah 17 UKM.  “Untuk mengexplore UKM UIN Sunan Kalijaga supaya dapat mengikuti acara-acara di luar kampus. Agar dapat meraih prestasi,” ujar Abdul Rouf, ketua Forum Komunikasi UKM.

Acara KCF mendapat apresiasi pula dari rektor UIN Sunan Kalijaga. Rektor Yudian Wahyudi Asmin mengatakan bahwa acara KCF ini sangat penting, kreativitas dalam UKM menentukan keberhasilan. “Teman-teman yang terlibat dalam UKM, Insya Allah akan mendapatkan nilai lebih daripada yang tidak,” kata Yudian

Yudian menambahkan, UKM merupakan latihan untuk menambah skill, pengalaman, dan hubungan. Yang nantinya akan membangun orientasi yang lebih kuat. “Ini merupakan bekal yang diperlukan, yang bakal mendorong seseorang lewat jalan ini, sebagai tambahan dalam hidupnya,” ujar rektor.

Menjadi tokoh-tokoh besar di tingkat nasional dalam bidangnya masing masing itu merupakan harapan rektor UIN sunan kalijaga kepada mahasiswa dan mahasiswi yang ikut berkecimpung di dalam UKM. Lewat UKM, mahasiswa UIN Sunan Kalijaga mampu meraih prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.

Meski begitu, Yudian juga mengingatkan jika UKM dan mata kuliah adalah dua hal yang ada dalan satu ruang lingkup. Namun terkadang keduanya ada yang dikorbankan. “Kalau bisa seimbang. Kuliah dulu baru UKM, jangan ditinggal salah satunya itu, dan jangan sampai UKM maju, tapi kuliah anjlok.”

Magang: Handika dan Nia

Redaktur: Isma Swastiningrum