216 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com- Kamis(12/1) mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Indonesia (BEM SI) cabang Jogja- Jawa tengah (Jateng), melakukan aksi long march dari tugu jogja menuju gedung DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aksi yang dimulai dari pukul 09.00 sampai 14.00 tersebut, merupakan upaya pengawalan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pada tahun 2017. Seperti, kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), penghapusan subsidi listrik, kenaikan pajak administrasi kendaraan bermotor serta kenaikan kebutuhan pokok.

Ditegaskan oleh Eko Susanto, koordinator lapangan dari aksi 121, “Diadakannya aksi ini sebagai upaya mengawal kebijakan pemerintah pada awal tahun 2017 yang memberatkan rakyat. Seperti kenaikan harga BBM, penghapusan subsidi listrik, kenaikan pajak administrasi kendaraan bermotor dan kenaikan harga kebutuhan pokok”.

“Harapan diadakannya aksi ini, pemerintah mencabut kembali PP nomer 60, BBM dikembalikan prosedur pemerintah, lalu tarif dasar listrik tidak dinaikan secara sepihak,” sambung Eko Susanto

Aksi 121 juga didukung oleh pihak kepolisian, sebagaimana yang dinyatakan oleh Suwardi selaku anggota POLDA DIY yang juga sebagai koordinator lapangan dalam mengawal aksi 121. Suwardi mengatakan bahwa ia memberi apresiatif kepada mahasiswa dalam melakukan aksi membela rakyat ini. Pasalnya, kebijakan pemerintah ini memang harus dikawal. “Dan kami senang aksi ini berjalan dengan lancar dan tertib”.

Erfan salah satu pengendara bermotor yang melintasi jalan Malioboro mengatakan, bahwa aksi yang dilakukan pada siang hari tersebut memang memiliki tujuan yang baik, yaitu membela hak rakyat. Membawa aspirasi rakyat. “Saya sangat apresiasi itu”.

Magang    : M. Abdul Qoni’ Akmluddin

Redaktur : Wulan