165 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com – Al Makin Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) mengatakan, untuk ke depan LP2M mempunyai rencana KKN mahasiswa UIN Sunan Kalijaga tidak hanya bertempat di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saja, tetapi juga ke seluruh Nusantara (Indonesia).

“Khusus KKN, kami merencanakan beberapa hal. Ada KKN Nusantara,” ujar Al Makin dalam sambutan pelepasan KKN Angkatan 93 di Gedung Prof. Dr. Amin Abdullah (eks Gedung Multipurpose), Senin (10/07).

Upaya itu LP2M wujudkan pelan-pelan di tahun 2017 ini. Di mana, lokasi KKN tidak hanya bertempat di DIY bagian pelosok, tapi juga merambah ke kecamatan sekitar DIY. Kecamatan tersebut seperti Magelang dan Klaten.

Menurut tuturan Al Makin, selain KKN Nusantara, KKN yang sifatnya internasional juga menjadi impian LP2M, seperti KKN Internasional ke Thailand atau melakukan KKN dengan menjalin kerja sama dengan universitas luar negeri. “Kita juga kerja sama dengan Universitas Glasgow United Kingdom.”

Untuk itu, Al Makin mengajak peserta KKN untuk menjaga nama UIN Sunan Kalijaga, yang dikenal masyarakat memiliki keunggulan dalam bidang agama. Ada dua hal yang Al Makin tekankan, yakni mewarnai masyarakat dengan pembangunan fisik dan pembangunan spiritual.

“Saya berharap kalian bawa oleh-oleh yang banyak. Anggap KKN adalah piknik,” katanya dengan nada santai sambil menceritai pengalaman-pengalaman KKN. Menurut dia, jika manusia kurang piknik berbahaya, sebab wawasan jadi sempit.[]

Reporter: Isma Swastiningrum

Redaktur: Wulan