153 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmarena.com- Proses Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) yang baru memasuki tahap seleksi Panitia Pelaksana (Panpel) menuai pembicaraan di kalangan mahasiswa. Pembicaraan tersebut terkait dengan surat edaran Senat Mahasiswa (Sema) UIN Sunan Kalijaga terkait pendaftaran Panpel Pemilwa tertanggal 23 Oktober 2017 yang berdasarkan beberapa mahasiswa ketika ARENA temui  terkesan mendadak pengedarannya. Jangka waktu pendaftarannya juga dianggap terlalu singkat.

Mahasiswa mengaku kecewa dengan keluarnya surat edaran yang mendadak tersebut, ditambah dengan kantor Sema yang kerap tutup ketika pendaftar datang untuk menyetorkan berkas pendaftaran. Naufal, mahasiswa jurusan Studi Agama-agama juga merupakan salah satu dari mahasiswa yang berniat mendaftarkan diri sebagai Panpel yang merasa dikecewakan. Ia menyatakan bahwa surat edaran tersebut beredar pada 23 Oktober kemarin, yang juga bertepatan dengan hari pembukaan pendaftaran. “Masa baru keluar pengumuman H-2, yang benar saja,” ujar Naufal pada Rabu (25/10).

Ia juga menambahkan, kantor Sema tutup pada waktu pengumpulan berkas pendaftaran, “Hari ini, hari terakhir pengumpulan berkas, dari pukul 07.00 – 12.00, dan kantor baru buka pukul 13.00,” ungkapnya.

Menanggapi surat edaran tersebut, Ibnu Hibban selaku Panitia seleksi yang dihubungi melalui WhatsApp menjelaskan bahwa, surat tersebut memang mendadak diedarkan kepada mahasiswa, dikarenakan berkas yang harus diserahkan tidak terlalu banyak. “Memang mendadak kemarin, pertimbangan dari tim pansel,” jelas Ibnu.

Ibnu menerangkan, Pansel akan mengadakan perpanjangan waktu pendaftaran, karena hingga saat ini pendaftar masih sedikit.  Menurut data,  hingga tanggal 25 jumlah pendaftar  terhitung baru 24 orang. “Sekarang masih dirapatkan lagi, untuk kemungkinan perpanjangan waktu pendaftaran,” ucap Ibnu.

Ketika dikonfirmasi, berdasarkan hasil rapat, Viky Arthiando selaku Ketua Senat Mahasiswa mengungkapkan bahwa jangka waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai Sabtu, 28 Oktober 2017. Berkas-berkas pendaftaran juga bisa dikirimkan melalui e-mail untuk mempermudah pengumpulan berkas. “Nanti tim Pansel akan diminta untuk stay di kantor,” tambah Viky.

Reporter: Ilham Habibi

Redaktur: Wulan