89 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

State Of  Play adalah sebuah film karya sutradara Kevin McDonald yang mengisahkan tentang perjalanan seorang jurnalis Cal McAffrey. Cal memiliki misi menguak skandal kematian seorang wanita bernama Sonia Baker yang merupakan asisten dari seorang anggota kongres di Amerika Serikat yang bernama Stephen Collins.

Kisah dalam film ini bermula ketika Sonia Baker meninggal dengan alasan yang tidak jelas. Di saat bersamaan,muncul pula kontroversi dari Stephen Collins yang menangis pada saat mengucapkan belasungkawanya di sebuah konferensi yang kemudian menimbulkan banyak spekulasi.

Media segera menyebarkan berita simpang siur yang bersifat subjektif dari redaksi mengenai kematian Sonia Baker. Banyak media mengungkapkan bahwa Sonia Baker meninggal karena bunuh diri. Pada suatu malam Stephen menemui Cal yang merupakan sahabat lamanya saat kuliah untuk membantunya mencari tahu mengenai kematian Sonia.

Hubungan persahabatan antara Cal dan Stephen ini menarik perhatian Della Fyre penulis online blog Capitol Hill yang juga mencari tahu berita mengenai kematian Sonia Baker. Sebab rasa persahabatan dan nalurinya sebagai wartawan, Cal membantu Stephen untuk mencari fakta atas permasalahan yang terjadi dan mencari pembenaran atas berita yang telah dimuat.

Pelan tapi pasti, Cal dan Della  mulai berhasil mengumpulkan fakta dan mulai tampak gambaran dari skenario di balik konspirasi ini. Semakin dekat Cal pada kebenaran, semakin ragu Cal untuk melanjutkan. Ia tahu apa yang ia ungkap dapat menggoyahkan pilar kepemimpinan negara dan tak mustahil juga jiwanya akan terancam.

Sebagai seorang wartawan Cal dan Della juga memiliki sikap-sikap profesionalitas jurnalis. Sikap-sikap yang dimiliki mereka antara lain adalah tidak arogan. Dalam menulis informasi Cal dan Della sangat berhati-hati. Tidak merasa diri mereka paling benar. Selain itu, mereka juga akurat dalam mencari informasi mereka tidak tergesa-gesa, cermat dan teliti dalam mengambil sebuah kesimpulan. Selain cermat mereka juga cepat dalam mencari informasi.

Sebagai seorang wartawan mencari berita tidak hanya cepat tetapi isi berita juga harus akurat. Terakhir ada sikap jujur terhadap kebenaran. Cal dan Della dihadapkan pada sebuah fakta yang dilematis. Di mana ia harus memilih antara rusaknya hubungan dengan sahabatnya (Stephen Collins) atau kebenaran untuk publik.

Film ini mampu menghadirkan cerita bergenre misteri politik yang menarik dan memancing adrenalin penonton dengan alur cerita yang menegangkan, sehingga emosi penonton ikut larut kedalamnya. Di film ini penonton dapat melihat kredibilitas seorang jurnalis yang diterapkan oleh tokoh utama Cal McAffrey wartawan Washington Globe.

Film ini dikemas dengan sinematografi yang cantik dan latar musik pendukung yang mumpuni sehingga mampu memainkan emosi penonton. Cut-cut yang cepat ketika sang aktor berlari dan pengambilan sudut gambar yang ciamik dalam film ini mampu membuat penonton terpukau  dan  dapat menangkap pesan tiap-tiap adegan tanpa perlu berpikir lama.

Semakin epic dengan akting yang memukau dari tokoh utama Russel Crowe (Cal McAffrey). Sayangnya, alur film ini masih bisa ditebak kemana  arah jalan ceritanya.

Judul State Of  Play | Sutradara Kevin McDonald | Produksi Universal Pic | Genre Misteri Politik | Tahun 2009 | Pemain Russel Crowe, Ben Affleck sebagai Stephen Collins, Rachel McAdams, Robin Wright Penn, Hellen Mirren, Maria Thayer | Peresensi Eni Fitri Astuti

Sumber foto: https://www.rogerebert.com/reviews/state-of-play-2009