Mendidik Anak Dalam Pelajaran Bab Dua

Lpmarena.com- “Pelajaran Bab Dua”, begitu salah satu judul pertunjukan yang ditampilkan Teater ESKA dalam pagelaran seni Tiga Bayangan, Sabtu (3/3), di Gelanggang ESKA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diperankan oleh beberapa pemain yang antara lain Anindia Rizki Widodo, Madhur M, Hawa Fauziyah dan Nafisatul Khoidah, serta disutradarai oleh Habiburrahman.

Beberapa foto buram masa kecil di pajang di stage, alat-alat peraga di sesuikan dengan peristiwa kekerasan orang tua dalam mendidik anak, hal tersebut dilakukan teater ESKA untuk membuat penonton terpukau dan sadar apa yang selama ini orang tua ajarkan untuk membentuk karakter anak kurang baik.

Habib selaku Sutradara mengungkapkan, “Pelajaran Bab Dua” berusaha menampilkan adegan yang membawa para penonton untuk bernostalgia di masa kecil. Judul tersebut menceritakan tentang pelajaran bab dua dalam buku yang berisi kisah orang tua dalam mendidik anak, di mana banyak orang tua menanam benih watak kepada anaknya dengan cara kekerasan. “Hal tersebut yang kemudian mengakibatkan anak memiliki watak keras seperti didikan orang tuanya,” Habib. “Seperti halnya buku, di Pelajaran Bab Dua menerangkan tentang kebiasaan buruk orang tua dalam mendidik anak,” sambung Anindia salah satu aktris dalam pementasan tersebut.

Dalam pembuatan naskah, Habib mengaku membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan agar pementasan benar-benar mengena dan menggambarkan peristiwa yang sebenarnya. “Aktor diberi naskah absurd untuk di pelajari dan didiskusikan untuk membedahnya, kemudian di padukan dengan pengalaman pribadi dan temen-teman tentang pengalaman masa kecil,” ungkap Anindia.

Seusai pementasan, Wail salah satu penonton yang ARENA temui pun berkomentar, ”Pementasan yang luar biasa, bisa menampilkan adegan yang selama ini menjadi kebiasaan kurang baik yang dilakukan masyarakat dalam mendidik anak.”

Baca juga  Tiga Guru Besar akan Dikukuhkan, UIN Sunan Kalijaga Masih Kurang Banyak Profesor

Magang: Ach Nurul Luthfi

Redaktur: Wulan

Beri Komentar

Send this to a friend