BIG Mengarahkan Peta Pembangunan

BIG Mengarahkan Peta Pembangunan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • Lpmarena.com-Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan road show dengan tema “Kebijakan Satu Peta untuk Indonesia Lebih Baik” yang bertempat di Balai Kunthi, Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Depok, Sleman, Yogyakarta, pada Kamis (29/3). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan BIG kepada publik, serta mensosialisasikan bagaimana monitoring pembangunan dilakukan. Sehingga data peta yang dimiliki BIG selaras dengan bentuk lapangan.

“Diharapkan peta pembangunan akan terarah dalam posisi perencanaan maupun pembangunan,” ungkap Wiwin Ambarwulan Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama BIG.

BIG merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang memiliki tanggung jawab melaksanakan tugas pemerintah di bidang informasi geospasial. Sebelumnya, badan tersebut bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional  (Bakosurtanal). Kemudian berubah menjadi BIG dan sekarang berada di bawah koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Wiwin menjelaskan, geospasial adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian. Baik berada di bawah atau di atas permukaan bumi. Dalam geospasial, peta menjadi hal yang penting. Namun konsep dasar tentang peta sering diabaikan.

Sementara itu, menurut Sri Hartini Kepala Bidang Pemetaan dan Integrasi Tematik Laut BIG peta memiliki kadaluarsa. Pembuatan peta sendiri juga memakan waktu yang cukup lama. Sistem kerja pembuatan peta dilakukan dengan memotret objek melalui udara dalam waktu satu tahun. Kemudian geometri hasil pemotretan tersebut dikoreksi. Hasil pemotretan juga perlu diinterpretasikan terlebih dahulu dalam jangka waktu satu tahun. Sehingga akan ada keterangan tahun berapa peta itu diproses.

“Peta juga bisa basi, dan butuh dua tahun untuk memperbarui,” ujar Hartini.

Magang: Sholehatul Inayah
Redaktur : Ajid FM

Komentar

komentar

Baca juga  Seminar Nasional Jurusan Baru Akuntansi Syariah

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of