Jelang Pembayaran, UKT Semester Sembilan Belum Dipastikan

  • 14
    Shares

Jelang Pembayaran, UKT Semester Sembilan Belum Dipastikan

Lpmarena.com– Kurang lebih Sudah empat tahun penerapan aturan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UIN Sunan Kalijaga diberlakukan. Terhitung sejak 2013, penerapan ini banyak menyertakan permasalahan silang pendapat. Seperti yang baru-baru ini sedang banyak di pertanyakan adalah kejelasan UKT semester sembilan.

Menjelang pembayaran UKT semester ganjil tahun 2018, isu mengenai UKT semester sembilan menjadi persoalan yang sangat aktual dibicarakan. Pasalnya perancangan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) yang di dalamnya sudah terangkum berbagai kegiatan akademik, hanya mengatur dari semester satu sampai semester delapan untuk strata satu. Sehingga seharusnya pembayaran UKT semester sembilan tidak lagi dibayar secara penuh.

Afit Rezky selaku Ketua Senat Mahasiswa Universitas (Sema-U) mengungkapkan bahwa hal ini tentu sangat tidak adil bagi mahasiswa di atas semester delapan yang mayoritas hanya tinggal menyelesaikan tugas akhirnya saja.

“Ya, seharusnya pembayaran UKT semester sembilan itu gak full, mengingat mereka sudah bebas teori dan hanya tinggal menyelesaikan skripsi,” ucapnya. Sebagai mahasiswa, Afit sangat berharap adanya penurunan untuk UKT semester sembilan.

Afit juga menjelaskan bahwa sampai saat ini Sema-U masih terus menghubungi pihak rektorat untuk menanyakan kejelasan dari UKT semester sembilan. Mengingat pembayaran UKT semester ganjil sudah sangat dekat.

Mahasiswa angkatan 2014 yang besok menginjak semester sembilan menanyakan kepastian terkait UKT. Pasalnya dari Surat edaran nomor 3073/Um.02/R/TU.00.9/5/2018 pembayaran UKT jatuh pada bulan Juli besok dan sampai saat ini belum ada kejelasan terkait UKT untuk semester sembilan.

Hal ini diakui oleh Khairul Umam, mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Ia yang tinggal menyelesaikan skripsi itu menjelaskan bahwa sampai saat ini belum mendapatkan pemberitahuan khusus terkait UKT.

Baca juga  Menyoal Buruh dan Kampus Tercinta

“Saya belum dapat kabar apapun terkait itu,” tegasnya. Mahasiswa asal Probolinggo itu mengharap pihak rektorat segera memberikan kepastian.

Senada, David Iman mahasiswa Program Studi Matematika menuntut pihak rektorat untuk memberikan pemberitahuan khusus pembayaran UKT semester sembilan dengan segera. “Ya, kalau bisa secepatnya harus ada pemberitahuan, apalagi ini udah mepet dengan waktu pembayaran,” ungkapnya.

Sementara itu, sampai saat ini pihak rektorat belum mengadakan rapat khusus mengenai pembayaran UKT semester sembilan. Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Sahiron, menjelaskan bahwa pihak rektorat masih akan membicarakan terkait UKT tersebut.

“Nanti kami akan ada rapat khusus,” tegasnya saat di temui ARENA (03/06). Sahiron juga menjanjikan bahwa akan ada kepastian mengenai UKT semester sembilan sebelum jadwal pembayaran UKT semester ganjil yang terjadwal pada tanggal sembilan Juli mendatang.

Reporter: Febri

Redaktur: Fikriyatul Islami M

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of