Mahasiswa Baru Belum Memahami Banding UKT

  • 16
    Shares

Mahasiswa Baru Belum Memahami Banding UKT

Lpmarena.com- Berdasarkan Surat Ketentuan Rektor tahun 2017, pengajuan keberatan dalam pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bisa dilakukan mahasiswa yang mendapat golongan UKT yang tidak sesuai kondisi ekonominya. Namun sosialisasi yang dilakukan dirasa belum maksimal.

Sebagian mahasiswa sudah mengetahui informasi tentang UKT namun hanya sebatas tau, “UKT itu adalah satuan biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga,” jelas Habibah Fahmi A, mahasiswa program studi Kimia saat ditanya mengenai UKT. Ditemui ARENA di Fakultas Sains dan Teknologi pada Selasa (4/9).

Selebihnya dia kurang tahu apa saja yang berkenaan dengan UKT. Apalagi ketika ditanya tentang banding UKT, Fahmi menuturkan bahwa pengenalan banding UKT yang dia dapat hanya saat sosialisasi Senat Mahasiswa (Sema) Universitas di Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) kemarin.

Dari UKT golongan lima sebesar Rp5.100.000 yang didapat, dia mempunyai keinginan untuk menurunkan UKT-nya. Hanya saja belum menerima pemberitahuan prosedur banding UKT di fakultasnya atau pemberitahuan lebih lanjut dari sosialisasi Sema Universitas waktu PBAK.

Muhammad Nasihuddin, mahasiswa Prodi Perbankan Syariah juga mengalami hal yang sama. Dengan UKT dua yang dia dapatkan, ia berkeinginan untuk menurunkan UKT-nya karena tanggungan tiga orang adiknya yang juga dinafkahi orang tuanya. Namun keinginan tersebut kurang sejalan dengan keadaan di lapangan. Pemberitahuan prosedur banding UKT belum dia dapatkan dari Sema.

Selama ini dia mendapatkan informasi tentang banding UKT melalui kakak tingkatnya yang berbeda fakultas. Informasi tersebut hanya berupa persyaratan-persyaratan pemberkasan, untuk prosedur selanjutnya dia masih kebingungan.

Menanggapi hal tersebut, Alamul Huda, salah satu anggota Sema Fakultas Saintek menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi banding UKT sejak Senin lalu (3/9). Dalam pelaksanaan sosialisasinya mereka bekerjasama dengan semua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Saintek. Melalui HMJ sosialisasi berupa pamflet prosedur banding UKT disebar ke grup-grup Whatsapp setiap jurusan. “Kami sebar kepada para ketua HMJ, agar disebar ke grup-grup maba,” paparnya ketika ditemui ARENA masjid kampus (7/9).

Baca juga  Mahfud MD Gagal Datang

Di samping itu, Muhammad Afif selaku ketua Sema Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam juga menjelaskan bahwa sosialisasi banding UKT sudah dipersiapkan melalui infografis mengenai prosedur pemberkasan dan tahapan banding UKT. Tapi hingga saat ini belum diperkenankan untuk disebar, karena mereka masih akan melakukan pertemuan internal. “Kami perlu mematangkan persiapan banding UKT untuk tahun ini,” jelasnya saat dikonfirmasi via Whatsapp (5/9).

Reporter: Rizal M Nisfi dan Ach Nurul Luthfi

Redaktur: Fikriyatul Islami M

Foto: @semauinyk

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of