Tentang Kami

LPM ARENA merupakan lembaga pers mahasiswa tingkat universitas, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lahir pada 10 Januari 1975. Juga merupakan salah satu organisasi pers mahasiswa Indonesia yang telah mendapat apresiasi cukup luas. Di dalam negeri, ARENA diakui sebagai salah satu elemen dan basis gerakan mahasiswa yang pro demokrasi, si samping sebagai kelompok aktifis pers-jurnalis. Sementara pengakuan dari masyarakat internasional antara lain datang dari University of Malaya-Malaysia, Cambridge University Australia, sebuah Universitas di Kanada, dan International Federation of Journalist (IFJ) melalui keanggotaan sebagian kru Arena dalam The Alliance of Independent Journalist (AJI).

Misi arena adalah menjadi Media kamunikasi antar mahasiswa, penumbuh kreasi pembawa aspirasi mahasiswa, juga sebagai media kontrol. Selain itu secara khusus ARENA juga berusaha memberikan informasi yang bernada optimistik, persuasif dan berwawasan pembebasan terhadap mahasiswa dan masyarakat Indonesia. Adapun visi Arena adalah membangun integritas kampus-kampung, dengan mendorong kerja praktis ARENA agar bisa menggabungkan dua hal pokok yaitu penggalian dan penyebaran informasi alternatif-kritis. Dengan pendampingan (advokasi) dan pembelaan pada kasus-kasus yang secara tidak adil dan menindas dialami rakyat di level akar rumput.

Untuk merealisasikan misi di atas, ARENA menerbitkan beberapa media, diantaranya adalah: Majalah ARENA “Kancah Pemkiran Alternatif”, Newsletter SLILIT “Jelas dan Mengganjal”, portal media online lpmarena.com, serta buku-buku tentang jurnalistik dan gerakan mahasiswa.

Di samping itu, untuk mencapai target sumber daya manusia yang dinamis, kritis dan profesional, maka ARENA juga melaksanakan pendidikan, pelatihan, pengembangan dan advokasi dengan orientasi kepada pemberdayaan anggota, mahasiswa, dan masyarakat secara umum. Untuk tujuan ini kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain adalah : Training dan pelatihan, Workshop dan Research, Networking (Menjalin Kerjasama dengan Organisasi Lain), Serta Diskusi Rutin dan Bedah Buku.