259 Pembaca
Print Friendly, PDF & Email

Lpmerena.com, Katingan merupakan sebuah kabupaten pemekaran di daerah Kalimantan Tengah (Kalteng). Kabupaten yang berdiri sejak tahun 2002 ini bersama Kalteng Pos mengadakan kegiatan Jelajah Wisata Budaya 1000 Jurnalis Indonesia yang akan berlangsung dari tanggal 8-23 Agustus 2015.

Dalam acara ramah tamah bersama jurnalis di Aula Gedung Kabupaten Katingan, Ahmad Yantenglie bupati Katingan mengatakan bahwa keunggulan pulau Borneo tidak lain adalah hutan.

“Karena hutan menjadi brand dan kebutuhan masyarakat dunia, maka perlu adanya upaya-upaya pelestarian yang menimbulkan nilai-nilai ekonomis,” kata Ahmad, Jumat (7/8).

Katingan menurut Ahmad mempunyai anugrah luar biasa, karena di kabupaten ini terdapat bukit tertinggi di Kalimantan yakni Bukit Baka Bukit Raya 2278 mdpl. Kabupaten ini juga sangat konsisten dalam perawatan lingkungan. Setidaknya ada dua buah tempat konservasi, satu taman nasional, dan kawasan hutan lingkungan.

“Katingan 88% kawasan hutan, 10% kawasan pemukiman dan perusahaan, dan 2% pelepasan kebun.Ruang gerak masyarakat masih di sini,” papar Ahmad, untuk itu upaya pelestarian terhadap hutan tersebut ia harap tidak hanya menjadi jargon.

Ahmad mengajak untuk bersama-sama melakukan pelestarian lingkungan, upayanya bagaimana masyarakat melakukan pembangunan dan langkah-langkah promotif untuk masyarakat. “Kita tidak mampu melestarikan hutan jika tidak dapat memberikan nilai tambah untuk masyarakatnya,” tambahnya.

Untuk tujuan yang disampaikan oleh Ahmad tersebut, itu kenapa pesertanya adalah para jurnalis. Jurnalis diharapkan mampu melakukan langkah produktif dan menjadi pintu membangkitkan potensi Katingan. Seperti yang diharapkan Fajrur Roji, ketua panitia.

“Agenda menuju Katingan hijau semoga berjalan dengan baik. Selamat datang teman-teman, rekan-rekan, dari berbagai organisasi dan media untuk kabupaten Katingan menjadi paru-paru dunia,” tutur Fajrur. (Isma Swastiningrum)