Mengintip Persoalan Sosial Negara Barat

Persoalan sosial terjadi dimanapun, bahkan di negara maju sekalipun.

lpmarena.com, Sabtu (8/06), Sekitar 50 mahasiswa jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) angkatan 2011 fakultas dakwah UIN Suka mengadakan seminar sekaligus perkuliahan terakhir di gedung PKSI lantai 2. Dalam seminar tersebut dipaparkan tentang bagaimana permasalahan sosial dan model penanganan atas masalah sosial di negara-negara Eropa, seperti Inggris, Kanada dan Amerika.

Jurusan PMI dituntut mengerti problematika sosial dan metode penanganan atas masalah sosial di masyarakat. Jika membahas masalah sosial, kita perlu belajar dari Eropa. Pasalnya Eropa merupakan nenek moyang imperialisme segala bidang. Selain itu, Eropa adalah rahim ideologi sosial kontemporer.

Hal itulah yang disampaikan oleh Muhammad Izzul Haq, alumnus Univercity of London seorang narasumber yang juga dosen jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) UIN suka.

Masalah sosial selalu terjadi di berbagai negara, tidak terkecuali negara yang sudah makmur. Seperti Amerika Utara, beberapa masalah negara yang ada disana adalah kelimpahan. “Negara makmur, masalahnya adalah kelimpahan, kelimpahan ini mengakibatkan obesitas dan penyakit lain terkait gaya hidup kelimpahan”, ungkap Latiful Khuluq, narasumber kedua yang merangkap sebagai dosen Pascasarjana di UIN Suka ini. [Ulfatul Fikriyah]

 

Editor : Folly Akbar

 

Komentar

komentar

Baca juga  TPS FEBI Gabung Fishum, Mahasiswa Bingung.

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of