Home - PDS HB Jassin Pusat Kegiatan Temu Sastrawan Indonesia-Malaysia

PDS HB Jassin Pusat Kegiatan Temu Sastrawan Indonesia-Malaysia

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA – Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin akan menjadi pusat kegiatan Temu Sastrawan Indonesia-Malaysia yang berlangsung pada tanggal 28-30 Agustus 2013 mendatang. Selain PDS HB Jassin, kegiatan yang sama juga digelar di Sastra Reboan, Bulungan.

Ketua Panitia Temu Sastrawan Indonesia-Malaysia Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, M.Sc., mengatakan, pertemuan sastrawan Indonesia-Malaysia ini akan mempertemukan dua negara yang saling bertetangga, dan diisi dengan kegiatan diskusi sastra dengan menghadirkan sejumlah pembicara.

Dalam diskusi itu, akan tampil sebagai narasumber SN Dato’ Dr. Ahmad Khamal Abdullah (Materi: Penyair Numera Bertemu dalam Antologia de Poeticas: Antara Sensitiviti dan Wawasan Unik), Haji Abdul Rahim Abdullah (Intertekstualiti Melayu dalam Novel Indonesia),  dan Fadli Zon (Politik Sastra Indonesia-Malaysia).

Selanjutnya, Prof. Madya Dr. Abdul Halim Ali (Konsep Estetika Bersepadu: Satu Kaedah Baharu-Kaedah Kritik Estetik dalam Kesusastraan Melayu), Prof. Madya Arbak Othman (1000 Pantun Puitis: Sosok Tradisi, Minda Terkini), Drs. Yulizal Yunus (Sastra Melayu dalam Perspektif Islam), Prof. Madya Dr. Adi Yasran Abdul Aziz (Kearifan Tempatan dalam Manuskrip), dan Umar Uzair (Rupawangi dalam Lagu Ziana Zain dan Dato’ Siti Nurhaliza). Diskusi panel akan dimoderatori Sastri Bakry, Syarifuddin Arifin, dan Sastri Sweeney.

Di Sastra Reboan, dijadwalkan pula Malam Apresiasi Sastra yang menampilkan sejumlah pembaca puisi dari penyair-penyair Indonesia-Malaysia. Kegiatan baca puisi ini serta nama-nama pembaca puisi yang tampil akan disusun oleh Zabidi Zay Lawang Langit dari Sastra Reboan.

Pada kesempatan itu, seluruh peserta juga akan melakukan pertemuan sastra di Komunitas Salihara dan mengunjungi Fadli Zon Library. (REL)