Dana Tak Cair, KCF 2015 Nyaris Bubar

Lpmarena.com, Kalijaga Creative Festival (KCF) tinggal menunggu besok. Massa aksi dari 17 UKM yang tergabung dalam aliansi Save KCF 2015, Selasa (6/10) mendatangi rektorat untuk mengadakan aksi dan audiensi terkait pencairan dana KCF. Masalah dana ini mengakibatkan KCF 2015 nyaris dibubarkan.

Hal ini bermula ketika Senin (5/10) panitia KCF sudah menyerahkan tiga surat kepada beberapa pejabat birokrasi. Saat itu hanya Wakil Rektor III Siti Ruhaini yang mau menemui massa aksi. Ketika ditanya berapa dana yang dianggarkan oleh rektorat, ia menjawab sekitar 95 juta. Namun ketika dikonfirmasi lagi kepada Dian selaku bendahara universitas hanya 63 juta untuk panitia pelaksana, sedangkan yang 37 juta uang untuk pembina sebagai panitia khusus.

Siang tadi (6/10) pukul 10.30-13.00 WIB audiensi dan diskusi dilanjutkan lagi dengan pihak rektorat. Massa aksi mendapati banyak kejanggalan dalam alokasi dana yang sudah dianggarkan, seperti mendatangkan pihak kepolisisan untuk mengawal KCF. Juga satpam yang digaji lebih untuk panitia pengaman tambahan.

Sekitar jam 12.30 WIB konsolidasi akhirnya menemui titik kesepakatan, setelah Ruhaini menyatakan akan mencairkan dana yang ditalangi dari dana pribadinya dahulu. “Iya dana akan cair sekarang 10 juta tapi itu dipotong dari dana konsumsi,” katanya.

Kejanggalan tidak cukup sampai di situ, Maskul Hadi sebagai ketua panitia penyelenggara dari universitas berserta 40 panitia pelaksana dituding memakan gaji buta. Selama satu bulan persiapan agenda KCF, Maskul berserta panitia pelaksana yang lain dinilai tidak berkonstribusi apa-apa. “Saya saja baru tahu kalo jadi ketua tadi pagi,” lontar Maskul. (Miftahur Rahman)

Editor: Isma Swastiningrum

Komentar

komentar

Baca juga  Dies Natalis Mapalaska ke-37: Bertaring dan Bersaing

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of