Tingkatkan Mutu Jurnalistik Lewat Data

Tingkatkan Mutu Jurnalistik Lewat Data

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Lpmarena.com, Penggunaan data dalam kegiatan jurnalistik turut menambah mutu dalam karya yang dihasilkan. Analisis dan penjelasan data dalam karya jurnalistik diharapkan dapat menyasar persoalan secara mendalam. Hal inilah yang mendasari terselengaranya acara Indonesia Data Driven Jurnalism 2016.

Acara ini diselenggarakan oleh One Data Indonesia (ODI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) berseta Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi (Jaring). Pelopor jurnalisme data untuk kemajuan pendidikan dan kesehatan bangsa menjadi tema yang diusung. Para peserta yang hadir adalah  para insan pers baik umum maupun mahasiswa. Berlangsung di Gedung Krida Bhakti, Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (05/03).

Acara ini sendiri memperingati hari open data internasional 2016. Menghadirkan data yang ada di lingkungan dua kementrian, yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementrian Kesehatan.

Menteri Pendidikan Anies Baswedan menjelaskan tentang data-data yang ada di lingkungan instansinya. Progam satu pintu dalam pengelolaan data telah diterapkan di lingkungan Kemendikbud. Diharapkan nantinya masyarakat bisa turut hadir dalam menjalankan program yang dijalankan. “Nantinya tidak hanya berpartisipasi, tetapi juga agar dapat berkolaborasi membangun pendidikan yang lebih maju,”  tegasnya.

Rangkain kegiatan dalam acara tersebut meliputi ligthting talks, workshop serta kompetisi penulisan artikael berbasis data. Kompetisi tersebut dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori jurnalis mahasiswa dan umum.

Reporter: M. Abdul Rouf

Redaktur: Isma Swastiningrum

Komentar

komentar

Baca juga  Dewi Candraningrum: Ekologi Dengan Feminisme Sangat Erat Kaitannya

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of