Home FOTO ESAI Jepretan #KALIJAGAMENGGUGAT

Jepretan #KALIJAGAMENGGUGAT

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Aliansi Mahasiswa Sunan Kalijaga menggelar protes menuntut pemotongan biaya UKT, dengan tagar #KalijagaMenggugat dan #KalijagaNagihJanji

Aliansi Mahasiswa Sunan Kalijaga menggelar aksi protes menuntut pemotongan biaya UKT dengan tagar #KalijagaMenggugat dan #KalijagaNagihJanji, Kamis (28/1).

Pandemi Covid-19 berdampak langsung pada banyak sektor membuat mahasiswa tidak bisa memanfaatkan fasilitas kampus secara penuh.

BERKUMPUL – Massa protes di depan Gedung Rektorat UIN Sunan Kalijaga, Kamis (28/01) siang. Sebelum itu, massa berkumpul terlebih daulu di pelataran Gedung Multi Purpose UIN Sunan Kalijaga.
BERBARIS – Massa yang berada di barisan depan memegang spanduk “#KalijagaMenggugat.”
ORASI – Salah satu perwakilan dari massa aksi berorasi menyampaikan tuntutan mereka.
RIBUT – Respons lambat pihak rektorat menyebabkan kericuhan yang sempat terjadi antara pihak keamanan gedung dengan massa aksi.
KALEM, EUY – Massa aksi berniat menyerbu gedung rektorat setelah kecewa karena Rektor UIN Sunan Kalijaga Al Makin sedang tidak berada di tempat, namun berhasil ditenangkan.
NEGOSIASI – Abdur Rozaki, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama, mewakili pihak rektorat untuk bernegosiasi dengan massa aksi.
SETENGAH TIANG – Di tengah-tengah aksi, bendera merah putih yang dikibarkan di depan gedung diturunkan menjadi setengah tiang. Hal ini dilakukan oleh peserta protes sebagai simbol atas matinya keadilan.
REHAT – Para petugas keamanan gedung rektorat sedang duduk beristirahat setelah sebelumnya berjaga-jaga di depan pintu gedung rektorat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
SANTAI – Seorang peserta aksi sedang berselonjor santai sambil merokok di dekat spanduk yang bertuliskan “Bayar UKT Dapatnya PPT.”
6.000 – Terlihat sebuah kertas yang berisi perjanjian dan tuntutan-tuntutan massa aksi beserta meterai Rp6.000,00. Namun, setelah bernegosiasi dengan perwakilan rektorat, perjanjian diubah menjadi kesepakatan rektorat untuk mengadakan rapat lanjutan tentang UKT. Perjanjian tersebut akhirnya ditandatangani oleh Sahiron selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan

Fotografer: Aliefian Damarizky (magang) | Penulis: Aliefian Damarizky | Editor Naskah: Zaim Yunus