Home BERITAKABAR KAMPUS Tips Jitu Tembus Koran

Tips Jitu Tembus Koran

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

LPMARENA.com Lembaga Pers Mahasiswa Advokasia UIN Yogyakarta, Senin (23/7) mengadakan pelatihan menulis artikel, opini, dan kolom dimedia massa. Acara yang di selenggarakan di Gelanggang Mahasiswa UIN Sunan Kaligaja itu bekerjasama dengan Tempo.

Dengan menghadirkan pemateri  Dr. R Kunjana Rahardi M.Hum, Dosen Atmajaya sekaligus penulis kolom, Lukman Hakim, Penulis lepas dan Sunudyantoro, Biro Jogja Tempo.

“Sebenarya menulis bukanlah hal yang sulit, yang penting ada minat dalam diri ini pasti setiap manusia bisa menulis dengan baik dan juga disertai talenta tuk menulis”. Tutur Rahardi.

Begitu juga Lukman. Ia menambahkan disamping itu harus ditopang dengan banyak membaca karena ibarat pepatah mengatakan tidak akan ada karya kalau tidak suka membaca.

Rahardi mengingatkan dalam penulisan opini yang perlu diperhatikan adalah aktual-tidaknya tulisan tersebut, atau bisa juga peristiwa lama yang diaktualisasikan. Dalam makalahnya ia juga memberikan trik dan tip jitu agar tulisan kita mampu tembus ke koran.

“Opini itu bersifat memapar-melebar. Berbeda dengan kolom yang cenderung memadat-memanah sarat makna. Ciri lain dari opini adalah bersifat referensial bukan inferensial. Jadi opini boleh memakai pendapat ahli sebagai pendukung Argumen” tambah Dosen Bahasa itu.

Lukman juga menjelaskan bahwa penulisan opini dan artikel harus disertai data dan fakta pendukung tulisan, kalau perlu disertai kesimpulan agar pembaca tidak mengambang dalam memahami tulisan kita. [Soim]