Melawan Budaya Neoliberalisme

LPMARENA.com Sanggar Jepit Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UIN Sunan Kalijaga yang bekerjasama dengan Serikat Kebudayaan Masyarakat Indonesia (SeBUMI) dan Dakwah Music Progresif Community (DMPC) mengadakan Diskusi Kebudayaan di Teatrikal Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Jum’at (16/11/), kemarin.

Acara yang dimulai jam 09.00 ini dihadiri sekitar kurang lebih 60 peserta. Diskusi itu diselenggarakan dalam rangka “Panggung Rakyat” dengan mengambil tema “Menumbuhkan Budaya Kerakyatan; Upaya Melawan Budaya Neoliberalisme”. Kata Imam, ketua PMII Cabang Yogyakarta menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut.

“Neoliberalisme pada dasarnya adalah konsep ekonomi yang pencapaiannya adalah target ekonomi dan pada akhirnya mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk kebudayaan” ungkap Imam.

Menurut Imam setidaknya ada dua hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi Neoliberalisme. Pertama, mengkonstruk ulang apa sebenarnya yang di cita-citakan Founding Father kita terhadap Undang undang 1945 dan Pancasila. Kedua, menciptakan budaya tanding dengan melestarikan budaya kerakyatan.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Nurul Mubin, ketua PMII komisariat UIN Sunan Kalijaga. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa diskusi kebudayaan merupakan upaya untuk melestarikan budaya kerakyatan dan sebagai aksi menolak Neoliberalisme. [Nurul Hilmi]

 

Komentar

komentar

Baca juga  Organ Ekstra Mulai Bersiap

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of