Home - Fakultas Syariah Gelar Short Course Legal Drafting

Fakultas Syariah Gelar Short Course Legal Drafting

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Melalui legal drafting, diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman kerja nyata di lapangan.

lpmarena.com, Sejumlah mahasiswa fakultas Syariah dan Hukum mengikuti Short Course di ruang Techno Class fakultas Syariah dan Hukum, Kamis(14/11). Acara ini diselenggarakan pihak fakultas.  Hadir sebagai pemateri, Wisnu Indrayanto (Perancang Perpu), Nova Asmirawati (Drafter Kemenkumham Kanwil DY), dan Nurainun Mangunsong (Dosen Ilmu Hukum, Fakultas Syariah & Hukum).

Dalam pemaparanya, ketiganya memberikan pembekalan terkait praktikum Legal Drafting. Beberapa materi lainya seperti ketentuan pembukaan, perencanaan, ketentuan pidana, ketentuan peralihan dan ketentuan penutup juga turut disampaikan. Tujuanya, agar mahasiswa mengetahui teknik pembuatan perundang-undangan dan mengetahui proses pembuatan peraturan perundang-undangan.

Melalui Legal Drafting, diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman kerja nyata di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga profesional dan kompeten.

Sebagian besar peserta berasal dari mahasiswa akhir prodi Jinayah Siyasah yang akan melakukan praktikum Legal Drafting. Dalam acara itu, mereka juga mendapatkan buku Panduan Praktikum Legal Drafting yang disusun oleh Siti Fatimah & M. Nur. Dalam buku tersebut disebutkan, bahwa praktikum tidak hanya sekedar rutinitas dalam rangka menggugurkan beban SKS, melainkan mengemban misi membangun persaudaraan. Bahwa mahasiswa sudah diambang pintu dan siap terjun ke masyarakat. (Sakban Khusen)

Editor : Folly Akbar