Mengangkat Seni Jogja dengan Pameran

Mengangkat Seni Jogja dengan Pameran

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
istimewa
Doc. Arena

 

Lpmarena.com, Berbagai jenis karya seni terpajang rapi di Gedung Umar Kayam, XT Square, Yogyakarta. Pameran seni yang berlangsung 25-31 Maret 2014 tersebut menampilkan hasil karya lukis yang dibuat para pelukis secara berbarengan beberapa bulan lalu. Pameran ini diharapkan mampu mengangkat seni Yogyakarta.

Pertama lukis bareng dengan tema ‘X-Terminal’. Tema tersebut dipilih untuk mengenang cikal bakal XT-Square yang berdiri di atas bekas terminal. “Terminal adalah tanah pijak pertama bagi para pendatang, begitu pula XT-Square ini bisa menjadi terminal bagi para seni rupa,” kata Dhama Jipa Yudha, panita Art X-tion.

Kedua, lukis bareng dengan tema, “Mangayu Bagyo Wayah Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X”. Sebuah  medium dokumentasi dalam menyambut kelahiran cucu Sultan. Cucu sultah yang kebetulan lahir laki-laki menjadi sebuah berkah bagi penerus sultan. “Ini jawaban atas anak sultan yang perempuan semua,” kata Dhama.

Dharma menjelaskan hasil karya lukis bareng tersebut dipamerkan sekaligus dijual bagi yang berminat. Selain pameran karya lukis, juga ada beberapa pameran karya pahat yang terletak di sudut kiri pintu masuk ruangan.

Sedangkan di kanan pintu masuk terdapat demo membatik di mana setiap pengunjung bisa langsung praktek. Bebas mengekspresikan apa yang dipikirkan. “Ada juga demo lukis, keramik, patung dan kayu,” tambahnya.

Ia berharap dihari terakhir pameran tersebut mampu membuat seni rupa makin maju dan bisa mengangkat seni Yogyakarta. (Taufiqurrahman SN)

 

Editor : Folly Akbar

Komentar

komentar

Baca juga  PBAK Rugikan Sosialisasi UKM

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of