UIN Siap Hadapi Tantangan Global

lpmarena.com, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Musa Asy’arie  mengatakan Indonesia akan memasuki era pasar bebas pada 2015 nanti. Era itu dibarengi keadaan negeri ini yang surplus tenaga kerja usia produktif yang melimpah. Saat ini telah banyak tenaga kerja asing yang menjadi ekspatriat ke Indonesia. Kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan perguruan tinggi untuk gigih mencari terobosan agar tidak kalah dengan tenaga-kerja luar negeri.

“UIN Sunan Kalijaga sudah membekali seluruh mahasiswa dengan dua ketrampilan, yaitu soft skill dan language skill. Sudah sangat cukup untuk berkompetisi dalam dunia kerja profesional, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Musa dengan nada optimis.

Musa menambahkan, dalam situasi persaingan global yang semakin ketat, seluruh lulusan UIN Sunan Kalijaga memiliki kreatifitas dan mobilitas yang tinggi, serta punya semangat pantang menyerah.

“Salah satu siasat untuk merespon persaingan global, UIN Sunan Kalijaga mengembangkan entrepreneurship. UIN Sunan Kalijaga terus menerus mendorong lulusan untuk menekuni dunia entrepreneurship,” kata Musa.

Dia menjelaskan, untuk terus memacu kualitas lulusan yang berkelanjutan, saat ini UIN Sunan Kalijaga telah mempersiapkan diri menuju World Class University (WCU) dengan membentuk tim yang menyusun road map menuju WCU. Tim tersebut menyiapkan proposal akademik WCU UIN Sunan Kalijaga, dan telah diajukan ke Kementerian Agama RI untuk mendapatkan persetujuan.

Selanjutnya, Musa menginginkan UIN menjadi WCU karena memiliki sumber daya pengajar professional, yang sebagian besar telah mencapai gelar guru besar dan doktor lulusan luar negeri. UIN memiliki banyak pakar akademik yang telah diakui dunia internasional, salah satu di antaranya dari PBB. UIN juga memiliki banyak peneliti yang berpengalaman di dunia internasional dan UIN merupakan satu-satunya PTAI yang memiliki jurnal internasional yang terindeks di Scopus.

Modal lainnya ialah, banyak perguruan tinggi asing yang telah  melakukan kerjasama dengan UIN. “Salah satu perguruan tinggi terkemuka di Pakistan yakni, International  Islamic University (IIU) Islamabad bekerjasama dibidang peningkatan akademik, penelitian ilmiah, pertukaran dosen dan mahasiswa. Modal lain untuk menjadi WCU, saat ini sudah banyak mahasiswa dari luar negeri di antaranya dari Malaysia, Thailand, Rusia, dan Filipina,” ujar Musa. (Ibno Hajar)

 

Editor : Folly Akbar

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of