Peringatan Hari Untuk Tahu Sedunia

lpmarena.com,Komisi Informasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (KIPDIY) bekerjasama dengan Humas Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan seminar “Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Perguruan Tinggi”, Rabu (24/10). Acara ini bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY.

Dalam acara ini hadir Ketua KIPDIY Dewi Amanatun Suryani, Wakil Ketua DPRD DIY Arif Nor Hartanto dan Ka. Biro UPK UNY, Setyo Budi Takarina. Turut hadir Ketua KIP DKI Jakarta Darmanto dan sekitar 100 peserta dari berbagai kampus dan lembaga yang ada di Yogyakarta.

“KIP adalah lembaga penyelesaian sengketa informasi,” ucap Dewi dalam sambutannya. Tanggal 28 Septemberadalah hari untuk tahu dunia. “Mendapatkan informasi masih menjadi momok di masyarakat. Masyarakat takut meminta Informasi padahal itu adalah haknya,”imbuhnya.

Setyo Budi Takarina mengungkapkan “Kondisi yang ideal kami harapkan ketika mahasiswa ataupun masyarakat dalam meminta informasi adalah sesuai prosedur.”

“Marilah kita buka Informasi, cegah manipulasi dan korupsi,” tambahnya lagi.

Tiga puluhApril adalah hari keterbukaan informasi nasional. Seperti yang disampaikan Arif Noor atau Inung dalam sambutannya, “Muara akhir tertinggi adalah kita terbebas dari berbagai tindak koruptif.” Dalam acara ini diharapkan setiap lembaga negara mengangkat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).(Rahmat Efendi)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of