Semangat Hari Sumpah Pemuda

Sepuluh gugatan yang disampaikan aksi massa memperingati hari sumpah pemuda (28/10).
Sepuluh gugatan yang disampaikan aksi massa memperingati hari sumpah pemuda (28/10).

Innalilahi wa Innalilahi Ra’jiun, telah mati semangat Pemuda Indonesia. Semangat dan perjuangan Pemuda Indonesia yang dulu membara (dalam sejarah kemerdekaan RI) kini justru lenyap dan pemuda mulai terlena dengan kemerdekaan.

Lpmarena.com,Memperingati hari sumpah pemuda puluhan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga menggelar aksi damai, Selasa (28/10). Masa aksi yang mengatasnamakan pemuda-pemudi Indonesia ini membawa lima bendera Indonesia dan kain putih sepanjang 28 meter. Kain putih ini berisikan harapan- harapan serta celoteh mahasiswa kepada Indonesia.

Nur Styo Iswandani, salah seorang penggagas aksi damai mengatakan aksi ini bebas diikuti siapa pun,”kita tidak berangkat membawa nama organisasi mahasiswa, tapi kami berangkat dari kegelisahan teman-teman melihat para pemuda yang saat ini sudah lupa dengan bangsa dan bahasa sendiri, kami di sini ingin mengingatkan akan perjuangan pahlawan dulu.”

Dalam aksinya, Nur Styo dan masa aksi tidak hanya meneriakkan sumpah pemuda tapi juga menyampaikan 10 tuntutan. Yaitu putuskan kontrak Freeport, lindungi hasil bumi, kawal ekonomi rakyat, hapus PP No 49 tahun 2014 pasal 17, tolak RUU PILKADA tidak langsung, penghapusan komersialisasi pendidikan, kebalikan tujuan pendidikan nasional, transparansi Pendidikan nasional, menuntut untuk tetap menjaga bahasa Indonesia dan budaya Indonesia.

Aksi yang dimulai pukul 07.00 ini digelar di tiga titik, depan Laboratorium Agama UIN suka, pertigaan jalan Laksda Adisucipto dan jalan raya penghubung kampus timur dan barat. Pukul 15.00 aksi berakhir dengan dipandu Yudiawan, koordinator aksi dengan menyanyikan lagu darah juang. (Try Kurnia SH, Atik Mar’atus S)

 

Editor : Ulfatul Fikriyah

Komentar

komentar

Baca juga  Kirab Budaya Warnai Pembukaan Acara Pekan Budaya Adab

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of