Kuliah, Ladang untuk Eksperimen

Farid saat bincangbincang Rasa(h) Kuliah di Student Hall USD, Jumat (20/3).
Farid saat bincang-bincang Rasa(h) Kuliah di Student Hall USD, Jumat (20/3).

Lpmarena.com, Bincang-bincang budaya bertema “Rasa(h) Kuliah” digelar oleh Kementerian PSDM BEM Universitas Sanata Drama (USD). Acara yag diadakan di student hall USD, Kamis (19/3), menghadirkan seniman, desainer, dan musisi Jogja, Farid Stevy Asta.

Farid menceritakan tentang pengalaman dan kenagannya selama kuliah. Baginya banyak hal yang bisa didapat dari kampus, dari kelas lintas kampus, juga dari kelas-kelas yang dalam bahasa Farid kelas organik fakultas lain. “Saya adalah yang dibentuk kampus saya,” ujar alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) ini.

Kuliah bukan untuk mencari kerja, tapi mencari bekal ilmu dan kelebihan. Dan kamu menciptakan ekonomi disana,”kata Farid. Ia juga menanyakan tentang apa yang menjadi sumbangsih mahasiswa untuk hidupnya, “Toh yang kamu hadapi adalah hidup. Lalu apa yang kamu berikan untuk hidup kamu?” tanyanya menggelitik.

Berbicara mengenai kuliah, menurut peserta bernama Indro yang hadir dalam acara itu mengungkapkan jika kehidupan di luar kuliah itu bisa untuk bereksperimen. Namun saat diskusi bersama, ia mempertanyakan pada Farid jika di ISI budaya untuk bereksperimen mudah, lalu bagaimana dengan lingkungan yang berbeda (tidak mendukung)?

Bagi Farid, ISI tidak menjadi alasan. Awalnya berangkat dari kesepakatan, yakni bukan menularkan obrolan tapi permasalahan. Dari permasalahan yang sama tersebut akan tercipta ruang baru. “Bertemulah dengan orang yang mempunyai permasalahan yang sama. Bikin ruang baru. Apapun yang baik akan menular cepat, tumbuh, dan bertahan,” ucapnya.

Selain Indro, peserta lain bernama Fadli berependapat jika waktu luang mahasiswa sangat banyak. “Mahasiswa slow-ne banyak, mahasiswa itu kayak pengangguran terselubung,” ujarnya. Fadli menginginkan mahasiswa lebih banyak meng-eksplor lagi kemampuannya. Terlebih dalam sisi kerakyatan. (Isma Swastiningrum)

Komentar

komentar

Baca juga  Mahasiswa Desak Rektorat Lakukan Revisi Sistem UKT

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of