Nuklir dengan Berbagai Manfaat untuk Masa Depan

Lpmarena.com, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) mempunyai banyak manfaat. Salah satunya menghemat sumber daya alam, seperti batu bara, gas, dan minyak. Dari 1 gram tenaga nuklir sama dengan 1 ton batu bara. Sedangkan limbah yang yang dihasilkan berupa plutonium disimpan dan dijadikan bahan bakar masa depan.

Hal inilah yang dibahas dalam seminar bertajuk “Pemanfaatan Reaktor Pembangkit Daya Nuklir untuk Kelestarian Lingkungan Hidup” yang diadakan di Ruang Sidang Biru Departemen Teknik Sipil Lingkungan UGM, Minggu (27/ 11). Seminar mendatangkan tiga keynote speaker:  Topan Setiadipura (ketua divisi engineering PMO RDE), Yarianto Sugeng Budi Susilo (kepala Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir), dan Zaenal Abidin (Lektor kepala STTN BATAN).

Pembangkit  Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik.  Perencanaan pembangunan PLTN sendiri belum berada di bawah pemerintah, akan tetapi sekarang diawasi oleh Badan Tenaga Nuklir (Batan).

Dibandingkan tenaga listrik lainnya, PLTN sebenarnya mempunyai faktor keselamatan yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena salah satu filosofi yang harus dipunyai, yaitu adanya pertahanan yang berlapis. Juga para pekerja harus mempunyai  sertifikat sebagai operator reaktor yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

Meski begitu, kebanyakan dari pemikiran-pemikiran masyarakat masih menganggap bahwa nuklir sangatlah bahaya. “Karena mereka berpendapat bahwa di teknik nuklir hanya bekerja membuat bom dan hal-hal yang berbahaya lainnya,” ungkap Deskinda Mala Putri, mahasiswa prodi Fisika UIN Sunan Kalijaga yang mengikuti seminar tersebut.

Magang: Aak Muyassaroh

Redaktur: Isma Swastiningrum

Komentar

komentar

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of