Hari HAM: Tegakkan Hukum dengan Adil

Lpmarena.com, Memperingati hari Hak Asasi Manusia(HAM), Gerakan Rakyat Demokrasi Lawan Pelanggaran Hak Asasi Manusia (GARDA LP HAM) melakukan aksi turun ke jalan. Aksi ini berpusat di Nol Kilometer (0 KM) Yogyakarta, Sabtu (10/12). Aksi tersebut membawa tuntutan kepada pemerintah untuk menegakkan hukum dengan adil.

“Ketimpangan pemerintah dalam menegakkan hukum dirasa kurang manuasiawi. Pasalnya setiap keputusan yang keluarkan pemerintah selalu merugikan masyarakat miskin,” ujar Ghofur (27) selaku koordinator umum

Ghofur menegaskan aksi ini dilakakukan supaya masyarakat mengetahui apa yang diperjuangkan oleh GARDA LP HAM terhadap pelangaran HAM. “Seperti pengusuran yang ada di Yogyakarta, menegakkan keadilan di sekor pembunuhan, menegakkan keadilan di sektor pendidikan,” imbuhnya

Massa aksi lewat orasi dan tuntutannya sepakat bahwa semakin hari kebijakan pemerintah semakin tidak memihak rakyat. Terjadinya banyak pengusuran lahan pertanian secara paksa, pendidikan mahal yang memberatkan masyarakat miskin.

Hal ini diperparah dengan kibijakan-kebijakan pemerintah. Kebijakan tersebut diantaranya perjanjian leberalisasi ekonomi bangsa indonesia (TPP, WTO, dan RCEP) dalam sistem pasar bebas dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA); penerapan sistem kapitalisasi pendidikan; pemperlakuan peraturan pemerintah (PP) 78/2015 tentang pengupahan yang tidak memihak buruh.

Massa aksi lewat orasi-orasi mengaharapakan agar pemerintah mampu mewujudkan reforma agraria sejati, nasionalisasi aset-aset strategis di bawah kontrol rakyat, bangunan industrialisasi nasionalisasi kuat dan mandiri, wujudkan pendidikan gratis, ilmiah, demokrasi, bervisi kerakyatan, dan bangun alat politik rakyat sejati untuk pembebasan nasional melawan imperalisme.

Magang: Muhammad Abdul Qoni’ Akmaluddin

Redaktur: Isma Swastiningrum

Baca juga  Melanggar Kemerdekaan Pers adalah Bentuk Penodaan Terhadap Demokrasi

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of

Send this to a friend