LKS Adakan Seminar Deradikalisasi Agama

Rabu (29/08) Lembaga Kajian Sinergia (LKS Sinergia) mengadakan seminar nasional dengan tema Deradikalisasi Agama dan Perdamaian Nasional dalam Membangun Karakter Bangsa. Bertempat di teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara yang dimoderatori oleh Mashur selaku tim dari LKS Sinergia ini dihadiri sekitar 150 peserta dari berbagai kalangan.

Turut hadir sebagai pembicara Dr. Sunardy, Teolog Universitas Sanata Darma. Prof. Mundrajat, Guru besar Fakultas Ekonomi UGM. Juga, Dr. Abd. Mustaqim selaku Dosen Tafsir Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk membangun generasi yang sadar akan keberagaman bangsa Indonesia.

“Radikalisasi agama itu bisa terjadi karena beberapa factor. Pertama, ketidaktahuan akan ajaran agama secara mendetail dank arena keliru menilai prilaku umat beragama lain” papar Mundrajat.

Ia pun menambahkan langkah-langkah mengatasi permasalahan tersebut. Yaitu, setiap pemuka agama harus mampu menata hatinya dan pengikutnya untuk hidup penuh toleransi diantara pemeluk agama yang lain. Karena, bangsa kita adalah bangsa yang terdiri dari beraneka ragam agama, kepercayaan, juga suku bangsa.

[Shoim]

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of