Dropbox, Flashdisk Dunia Maya

Pernahkah anda membayangkan jika dalam sebuah acara seminar, anda yang bertugas sebagai pembicara lupa membawa flashdisk, padahal data dan materi presentasi ada di flashdisk tersebut. Tentu tidak mungkin jika anda kembali ke rumah hanya untuk mengambil flashdisk, terlebih jika seminar tersebut berada di luar kota. Tapi tenang, kecanggihan teknologi ternyata bisa menutupi sifat manusiawi kita yang pelupa, yakni dengan membuat akun Dropbox.

Dropbox belum begitu popular di kalangan masyarakat Indonesia, padahal dari segi kegunaan, dropbox memiliki manfaat yang begitu besar. Secara singkat, dropbox bisa diartikan sebagai memori eksternal semacam flashdisk. Berbeda dengan flashdisk yang berbentuk fisik, dropbox berbentuk akun, layaknya akun facebook atau twitter. Karena hal itulah, dropbox bisa di akses dimanapun anda berada selagi memiliki akses internet. Dan untuk mendapatkanya, anda bisa langsung mendaftarkan diri ke alamat www.dropbox.com, syaratnya mudah, anda hanya di wajibkan memiliki akun email terlebih dahulu.

Nah, setelah selesai melakukan pendaftaran, bagi anda yang menggunakan layanan free(gratisan) anda akan diberi modal awal berupa memori kosong berkuota 2GB, lumayan bukan?. Dan jumlah tersebut akan terus bertambah jika anda melakukan beberapa hal berikut, contohnya kuota memori anda akan bertambah 500MB setiap kali anda berteman dengan 1 orang. Artinya jika anda bisa mendapat pertemanan sebanyak 10 orang maka bonus kuota yang anda terima sebesar 5GB.

Tidak hanya itu, jika anda bersedia menshare akun dropbox ke twitter atau facebook, maka anda mendapat tambahan kuota masing-masing sebasar 125MB. Dan masih banyak cara lain untuk terus menambah kuota dropbox anda hingga maksimal 16 GB. Namun bagi anda yang berduit bisa juga menggunakan seri pro, tentu akan mendapat kuota yang lebih besar yakni 100GB=$99, 200GB=$199, 500GB=$499.

Untuk menyempurnakan kemudahan yang bisa anda dapatkan, sangatlah dianjurkan anda mendownload softwere dropbox lalu menginstalnya di komputer anda. Karena dengan menginstal di komputer anda, maka akun dropbrox akan terintegrasi dengan komputer anda, sehingga folder dropbox akan tercipta dengan sendirinya di computer anda. Jadi penyimpanan data bisa dilakukan dalam kondisi offline.

Nah bagi anda yang malas atau sering lupa membawa flashdisk, ada baiknya anda membuat akun dropbox. Data-data penting yang anda butuhkan bisa di backup dalam akun dropbox yang bisa di akses dimana pun anda berada. Ke warnet lupa bawa flashdisk?, presentasi dikelas lupa bawa flashdisk? udah gak zaman kalee…

 

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of