FEBI Adakan Stadium General

Senin (5/11), FEBI bekerjasama dengan Prodi KUI Fakultas Syariah dan Hukum mengadakan Stadium General dengan tema “Solution for the Global Financial Crisis : an Islamic Economic Perspective”. Acara ini bertempat di Convention Hall Lantai 1 UIN SUNAN KALIJAGA. Acara ini diisi oleh Prof. Dr. Ahamed Kameel Mydin Meera (Dean of Institute of Islamic Banking and Finance IIUM/International Islamic University Malaysia).

Acara ini dibuka dengan beberapa patah kata oleh Rizal dari Fakultas Syariah. Beliau berharap FEBI bisa menjadi International Class. Untuk mewujudkan itu, pembelajaran di FEBI menggunakan 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sampai semester 4 dan selanjutnya menggunakan bahasa Inggris secara penuh. Pada acara ini pun, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris. Beliau berharap agar FEBI bisa berkembang menjadi lebih baik.

Prof. Dr. Ahamed Kameel Mydin Meera menjelaskan sebab-sebab terjadinya krisis keuangan global saat ini, efek dari krisis, dan solusinya. Diantara sebab-sebab terjadinya krisis adalah karena adanya interest, fractional reserve requirement dan fiat money. Indonesia sendiri menduduki peringkat nomor 11 pada “Financial Agregates and Rate of growth for the Period 1986-1996”. Efek dari krisis adalah terjadinya resesi dunia, hiperinflasi, kejahatan dan perpecahan masyarakat, konflik, dan perang kecil.

Solusi untuk krisis keuangan global yang terjadi saat ini adalah dengan menerapkan sistem ekonomi Islam. Diharapkan sistem ekonomi Islam dapat memimpin di abad ke-21 ini. Setelah diketahui bahwa sistem ekonomi kapitalis dan sosialis tidak dapat menanggulangi masalah-masalah ekonomi saat ini. “Islamic system is a solution,” kata Prof. Dr. Ahamed Kameel Mydin Meera.

(Ulufun Na’imah)

 

 

Komentar

komentar

Baca juga  Seni untuk Menolak Punah
Share:

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of