Memahami Islam Secara Toleran

LPMARENA.com Pusat Studi Qur’an dan Hadist (PSQH) Jurusan Tafsir Hadist, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kaliaga menggelar acara diskusi publik di Smart Room Fakultas Ushuluddin, Rabu (7/11) kemarin. Dengan tema “Berislam Secara Toleran” .

Irwan Masduqi, L.c M.Si sebagai narasumber mengatakan ada tiga tipologi umat Islam. Diantaranya adalah Ingklusif (terbuka), Ekslusif (tertutup), dan Liberal (bebas). Dalam hal ini umat Islam perlu memahami toleransi dengan baik bukan seperti yang dipahami secara salah kaprah.

Sehingga perlu batasan bagaimana kita memahasi toleransi itu sendiri. Menurut Dr. Abdul Mustaqim, M.Ag Direktu PSHQ, batasan toleransi itu adalah sebatas dalam hal hubungan sosial dan tidak merambah pada Aqidah dan Ibadah.

Diskusi-diskusi keagamaan seperti ini dilakukan secara kontinyu setiap bulan dengan tujuan untuk mewadahi kajian keislaman khususnya di Jurusan Tafsir Hadist. “Diskusi ini untuk mewadahi kajian keislaman khususnya untuk Tafsir Hadist, tetapi juga terbuka untuk umum,” ujar Ummi, salah satu angggota PSQH.

Acara yang di hadiri sekita 45 orang dari berbagai jurusan ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Irwan Masduqi selaku Narasumber dan penulis buku best seller Berislam secara Toleran. [Nurul Ilmi El-Banna].

Beri Komentar

Send this to a friend