KMS UIN Suka Adakan Pengamatan Lapangan

“Dengan mengunjungi situs sejarah kita bisa tahu langsung kondisinya seperti apa, sekaligus mempublikasi ke masyarakat mengenai situs sejarah yang baru diresmikan ini,”

Begitulah yang dilontarkan Sucipto, wakil ketua Komunitas Mahasiswa Sejarah (KMS) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta saat ditemui kemarin (10/11) di komplek Candi Plaosan.

Agenda ini merupakan salah satu kegiatan KMS yang bekerjasama dengan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BPPP) Jawa Tengah. Hal ini bertujuan untuk memupuk rasa cinta akan lestarinya situs sejarah yang berharga. “Dengan diadakannya kunjungan seperti ini diharapkan mahasiswa sejarah tidak hanya pandai bercerita di kelas, tapi juga ikut andil dalam pelestarian aset bangsa,” tambah Sucipto.

Kunjungan sekaligus pengamatan situs sejarah ini diselenggarakan di dua tempat yaitu Candi Plaosan dan Candi Sewu. Pengamatan ini difasilitasi oleh Winarno S.S., Guide BPPP Jawa Tengah. Hal ini merupakan kerjasama yang diajukan KMS melalui jurusan pada BPPP. Acara ini diikuti sebanyak 27 peserta lintas jurusan dan kampus dengan mengendarai sepeda motor.

Rombongan bertolak dari gedung Poliklinik UIN Suka pukul 08.30 pagi dan tiba di komplek Candi Plaosan pukul 10.30 pagi. Setiba dikomplek Candi Plaosan, semua peserta mengikuti jalannya pengamatan yang dipandu oleh Guide Winarno. Dengan berbekal modul materi dan lembar portofolio yang dibagikan panitia peserta. Pengamatan dan materi yang dibahas meliputi semua hal tentang Candi Plaosan mulai dari pemugaran, artefak yang masih terpendam, komplek pemukiman warga sekitar candi, struktur dan jenis candi, hingga sejarahnya.

Selanjutnya kunjungan dilakukan ke Candi Sewu yang merupakan obyek kunjungan ke dua. Pada kesempatan ini peserta melakukan refleksi dan diskusi ringan usai melakukan pengamatan di Candi Plaosan dan Candi Sewu sebelum akhirnya menuliskannya pada lembar portofolio. Kesempatan ini digunakan untuk beristirahat sekaligus ajang saling mengenal antar peserta kunjungan dan melatih kesadaran pelestarian situs sejarah. Kegiatan ini selesai pukul 15.00 WIB dengan berpulangnya peserta dari komplek Candi Sewu. [Chafid Masrur]

Komentar

komentar

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of