Home BERITAKABAR KAMPUSBilik Kampus Strategi Jitu Fundraising

Strategi Jitu Fundraising

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Fakultas Dakwah Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Dakwah, UIN Sunan Kalijaga mengadakan seminar “Refleksi Pelaku Pengembangan Masyarakat dari Strategi Pemberdayaan Sampai Fundrising” di Teatrikal Dakwah UIN Sunan Kalijaga, Senin(14/11).

Seminar Model Pemberdayaan Masyarakat ini menghadirkan Muhsin Sag. MA, April Purwanto dan dimoderatori oleh Romadhon.

Muhsin, Dosen Bimbingan Kongseling dan Konseling Islam mengungkapakan bahwa Seminar ini berangkat dari kegelisahan mahasiswa mengenai penggalangan dana (Fundraising) dari masyarakat. Fundraising adalah proses mempengaruhi  masyarakat, bukan meminta, tapi menawarkan program kepada masyarakat untuk mendukung. Fundraising berfungsi untuk menyalurkan dana.” Trik untuk menjadi fundraiser adalah tidak malu” ungkap Muhsin pemateri pertama.

Sementara  Pemateri kedua,April Purwanto, Ketua Masyarakat Relawan Jogja-Jateng, mengemukakan bahwa kunci dari fundraising adalah bagaimana mengenal atau menjaga hubungan dengan para donatur. Dengan begitu, para donatur akan menaruh kepercayaan dan kegiatan penggalangan dana akan terus berlanjut. “Hal ini juga harus didukung  dengan proposal yang baik, yaitu singkat, padat dan jelas” jelasnya.

Seminar yang di hadiri oleh sebagian besar mahasiswa jurusan PMI semester tiga dan lima ini, disambut dengan antusias dan semangat. [Ulufun Na’imah].