Hanya PRM yang Daftar ke KPUM

Kantor Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) UIN Suka yang terletak di Kampus timur dekat Parkiran Fakultas nampak sepi, hanya ada Imam Nawawi selaku ketua KPUM dan ditemani wakilnya Reza Williansyah. Padahal hari ini (23/4) menjadi hari terakhir pendaftaran partai politik untuk pemilwa 2013, namun belum ada satu pun partai yang mendaftar.

“Ya itu sich terserah mereka yang berkepentingan siapa, kami yang jelas sudah memfasilitasi” ungkap Reza.

Menanggapi hal itu, pihak KPUM tidak menjadi masalah, jika memang hanya ada satu partai yang mendaftar pemilihan umum mahasiswa (pemilwa) tetap dijalankan pada tanggal 27 Mei 2013 mendatang.

“Kalau misalnya hanya ada satu partai yang mendaftar hingga pukul 00.00 nanti, kami tetap menjalani pemilwa 27 mei mendatang. Karena kalau diundur bulan Juni tidak mungkin, itu berbenturan UAS dan libur panjang 3 bulan, lalu Opak. Kan Lebih tidak mungkin lagi” terang Imam.

Namum, sampai penutupan penerimaan partai Pemilwa tanggal 23/04, pukul 00.00 WIB, KPUM baru menerima satu partai politik yang mendaftar. Yakni Partai Rakyat Merdeka (PRM).

Minimnya peserta partai politik yang mendaftar ke KPUM tersebut di tanggapi oleh Imam, ketua KPUM. “Untuk saat ini kami (KPUM,red) masih berjalan sesuai dengan jadwal yang dihasilkan pada saat rapat pleno, jika ada perubahan jadwal atau mekanisme yang terkait dengan pemilwa kami harus melalui rapat internal anggota KPUM dahulu,” katanya, saat dimintai keterangan via SMS.

Sementara itu, Nur Aris Soim, Dewan Pengurus Pusat (DPP) partai Pencerahan mengatakan bahwa ketidak-ikutan partainya dikarenakan Pencerahan tergabung dalam Aliansi Partai Mahasiswa untuk Perubahan (APMP). Partai yang tergabung dalam APMP; PAD, PAS, dan Proletar sepakat untuk tidak mengikuti pemilwa yang dilaksanakan KPUM. “Sebelum SK KPUM (SK Rektor No. 52 Tahun 2013, red) di uji kembali, kami masih menganggap KPUM sekarang tidak sah,” ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan pihak KPUM belum mengadakan Rapat Pleno terkait dengan minimnya peserta partai politik. Namun menurut Imam, rencananya KPUM akan menggelar rapat intern KPUM pada rapat 25/04 ini. [Indah F, dan Taufiq].

Editor: Taufiqurrahman

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of

Send this to a friend