Mayoritas Mahasiswa Memilih Golput

Mayoritas Mahasiswa Memilih Golput

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

lpmarena.com, Pemilwa tinggal menghitung hari lagi, besok Senin(3/6) Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) akan menghelat acara pesta demokrasi di kampus UIN Suka. Pada tahun 2011 lalu, tingkat partisipasi mahasiswa hanya sekitar 30%. Padahal ada banyak partai peserta pemilwa saat itu. Jauh berbeda dengan tahun ini yang hanya diikuti dua partai.

Pemilwa tahun ini diawali dengan banyak sekali gejolak politik. Ditengah kondisi tersebut, apakah mahasiswa masih memiliki minat untuk berpartisipasi dalam pemilwa besok? Bersamaan dengan hal itu, Divisi Pusat Data dan Analisa LPM ARENA melakukan survei minat mahasiswa terhadap pemilwa 2013 pada Jumat(31/5). Sampel yang diambil berjumlah 370 yang berasal dari mahasiswa semester II , IV dan VI di setiap fakultas.

Dari hasil survei tersebut, 56 % mahasiswa mengaku tidak akan ikut memilih dalam Pemilwa tahun ini. Adapun mahasiswa yang berminat memilih hanya 32%. Sementara 12% mahasiswa menyatakan tidak tahu akan memilih atau tidak dalam pencoblosan Pemilwa nanti.

 

 

 

Hal tersebut mengisyaratkan bahwa sikap mahasiswa dalam partisipasi pemilwa cenderung rendah, karena belum mampu menunjukan respon positif terhadap Pemilwa. Minimnya minat disebabkan mayoritas mahasiswa tidak mengenal calon yang akan dipilih, baik itu sosok, kredibilitas, kapabilitasnya maupun kesungguhan calon untuk merubah arah kampus menjadi lebih baik.

Ini menjadi tugas KPUM dan partai politik untuk mengajak mahasswa berpartisipasi. Suka tidak suka, minimnya partisipasi akan melahirkan pemimpin yang rapuh. Artinya secara esensi, pemimpin tersebut tidak didukung oleh mayoritas mahasiswa.

 

Divisi Pusat Data dan Analisa LPM ARENA

Komentar

komentar

Baca juga  Tantangan Organisasi Mahasiswa Hari Ini

Leave a Reply

Beri Komentar

  Subscribe  
Notify of