Home BERITAKABAR KAMPUS Gelar Pasar Virtual dI Kampus

Gelar Pasar Virtual dI Kampus

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

Mahasiswa Fisika turut belajar berwirausaha.

lpmarena.com, Banyak cara untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan mahasiswa dan memberikan wawasan aplikatif tentang hal itu pada mereka. Salah satunya dengan menggelar pasar firtual di kampus, seperti yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Fisika semester enam, empat dan dua yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan pada Selasa (4/6).

Agenda yang merupakan bentuk praktik mata kuliah itu berlangsung di lobi fakultas Sains dan Teknologi. Sejumlah mahasiswa yang mengambil matakuliah tersebut dibagi dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari lima orang yang memiliki tugas berbeda-beda. Ada yang bertugas menjadi manajer, pengadaan barang, marketing, dan sebagainya. Keenam kelompok yang ada selanjutnya membuka stand dan berjualan di lahan yang tidak terlalu luas itu.

Barang dagangannya pun beraneka ragam, mulai dari aksesoris, kaos, tas, aneka jus, serta berbagai macam makanan ringan. Dari beberapa komuditas yang dijual, ada hasil karya mahasiswa sendiri. Di antaranya adalah aksesoris yang dijual oleh stand yang bernama Alpha Centaury ACS.

Menurut penuturan Abdul Mujib, pengampu matakuliah terkait, agenda ini diadakan agar para mahasiswanya dapat belajar secara langsung tentang berbagai hal terkait dengan kewirausahaan. Mahasiswa berlatih bagaimana belajar menerapkan organisasi dalam bisnis dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan modal yang terbatas. Mujib juga menuturkan bahwa mahasiswanya yang saat ini menggelar pasar Virtual tersebut sebenarnya telah memiliki berbagai macam usaha yang berhubungan dengan jurusan yang diambilnya, seperti Bimbel dan les privat.

Tak hanya itu, pihaknya juga menuturkan bahwa sebelum melakukan praktik, para mahasiswanya telah diminta untuk membuat action plan sebuah wirausaha yang ingin dijalaninya. Namun karena berbagai keterbatasan, action plan yang telah dibuat itu tidak mungkin dilakukan dalam pasar firtual yang berlangsung sekitar pukul 07.00 hingga 15.00 itu.

“Di proposal (action plan, red.), mereka telah mengarah ke sana (semangat untuk berwirausaha, red.). Mereka motivasinya cukup baik,” demikian Mujib menilai soal semangat berwirausaha para mahasiswanya. [Noer Hasanatul Hafshaniyah]

 

Editor : Folly Akbar