Home - Berdakwah Melalui Seni Rupa

Berdakwah Melalui Seni Rupa

by lpm_arena
Print Friendly, PDF & Email

lpmarena.com, Ada yang berbeda di gedung CSC (Cervice Student Center) lantai tiga sore kemarin, kamis (18/07). Terpajang beberapa lukisan dan karya seni rupa tiga dimensi, video art, dan instalasi yang berkaligrafi atau ada hubunganya dengan kaligrafi. Pameran tersebut berjudul Kaligrafi Astronomi. Pameran ini berlangsung dari tanggal 16-26 Juli , mulai pukul 15.00-19.00 WIB.

Pameran yang dibuka oleh Rektor UIN SUKA, Prof.Dr. H. Musa Asy’ari ini diikut oleh banyak seniman, baik nasional dan internasional, diantaranya Sang Maentro Affandi, Didin Sirojudin, Syaiful Adnan, Nasirun, Mulya Gunarso, Isep Misbah, Agung Kurnia, Robert Nasrullah, Dede Mustofa, M. Asof, Efendy Leong, Kelompok Istiqal, dan masih banyak lainnya.

Event yang diketuai oleh Robert Nasrullah ini berusaha untuk membangun gagasan dan kecerdasan. “Selama ini kita banyak disibukkan oleh perdebatan kapan memulai puasa Ramadhan dan Idul Fitri. Padahal sesungguhnya persoalan astronomi tidak hanya mengaitkan manusia pada persoalan Ubudiyyah (persoalan ibadah, red.), akan tetapi jauh dari itu planet-planet yang berotasi juga menentukan musim. Dengan perkiraan jitu, para petani dapat menyemai padi, menanam jagung, dan memetik bunga”, ujarnya.

Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk menyemarakkan Ramadhan 1434 H. Pameran ini berusaha untuk memberi ruang apresiasi seni rupa Islam yang selama ini kurang diperhatikan. [Lugas Subarkah]

Editor: Noer Hasanatul Hafshaniyah